Kementerian PUPR Sasar SMK untuk Kerjasama Sosialisasi Infrastruktur

Jakarta - Saat ini Kementerian PUPR sudah bekerjasama dengan 47 perguruan tinggi di seluruh Indonesia untuk Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Infrastruktur. Di mana sebanyak 22 perguruan tinggi, hari ini baru saja melakukan penandatanganan kerjasama.

"Tahap pertama itu sebanyak 25 universitas, rata-rata universitas besar. Hari ini tambah 22 universitas yang belum ikut sama sekali. Jadi mitra kita sekarang 47 dan sudah mewakili seluruh provinsi di Indonesia," ujar Sekretaris Ditjen Cipta Karya Rina Agustin di Kementerian PUPR, Jakarta, Jumat (6/7/2018).

Setelah menyasar tingkat perguruan tinggi, lanjut Rina, ke depan Kementerian PUPR berencana menyasar tingkat sekolah menengah kejuruan (SMK). Melalui siswa SMK semakin banyak masyarakat yang mengetahui pentingnya infrastruktur.

Menurutnya, siswa SMK juga memiliki potensi yang besar untuk berkontribusi di infrastruktur sehingga perlu kerjasama dengan SMK. Dengan demikian, siswa SMK bisa memiliki peluang untuk mengetahui dunia infrastruktur sejak awal sebelum akhirnya terjun langsung.

"Setelah ini kita ingin ke level SMK. Karena teringat ada sekolah kejuruan yang banyak, di mana infrastruktur juga membutuhkan operator atau pekerja-pekerja yang sifatnya level sekolah menengah tapi lebih profesional," katanya.

Nantinya siswa dapat melihat langsung dan mendapatkan pemahaman mengenai infrastruktur dasar yang dibangun Kementerian PUPR. Dia menyatakan, rencana tersebut masih jadi pembahasan kementerian.

"Ini jadi PR (pekerjaan rumah) kami, bagaimana bisa masuk sejak mereka di SMK sudah mengenal bidang PUPR seperti apa. Sehingga kalau mereka masuk kayak diploma yang langsung kerja itu, sudah lebih menguasai (bidang PUPR)," jelasnya.

 

Zonasi Sekolah Permudah Distribusi Guru
Tak Lulus SBMPTN? Saatnya Pilih Kampus Terakreditasi
Sekolah Tak Boleh Kenakan Pungutan Liar
Kementerian PUPR Sasar SMK untuk Kerjasama Sosialisasi Infrastruktur
MUSIC
STAR Radio Padang Bertabur Bintang
FILM
Transformers: Age of Extinction Libatkan Animator
TREN
Ingin Tampil Gaya, Abaikan Aturan ini
BUDAYA
Merayakan Budaya Membaca, Cerita-cerita Klasik Dib