MTsN 2 Kelurahan Kalijaga, Kota Cirebon Melaksanakan UNBK Dengan Modem

CIREBON – Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Sekolah Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 2 Kelurahan Kalijaga, Kota Cirebon, Jawa Barat belum memiliki akses jaringan internet, sehingga melaksanakan UNBK dengan modem.

Sering kali diwarnai berbagai kendala mulai dari komputer terbatas, server offline, dan kendala jaringan internet.

Namun, Sekolah Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 2 Kelurahan Kalijaga, "menggunakan modem dan berbagi koneksi internet melalui ponsel pintar. Karena kami belum ada jaringan internet," ujar Kepala Sekolah MTs Negeri 2 Kota Cirebon, Jafar Musaddad.

Sebelumnya, Jafar menuturkan bahwa ada tiga opsi, dalam menggunakan alat RTRW Net dengan menyiapkan tower untuk koneksi dengan provider swasta, yang pertama. Kemudian, opsi kedua untuk melaksanakan UNBK, pihak sekolah akan melakukannya di Dinas Pendidikan atau kantor Kemenag di Kota Cirebon, dan opsi ketiga yaitu menggunakan modem dan teathering.

“Dan setelah itu, dilakukan uji coba ternyata modem dan berbagi koneksi internet melalui ponsel pintar menjadi opsi yang tepat, karena saat simulasi UNBK, opsi penggunaan modem dan tathering lancar,” ungkap dia. Dalam penggunaaan modem sudah dianggap layak oleh panitia pelaksana UN, untuk jumlah peserta UNBK di MTs N 2 Kota Cirebon yaitu 193 siswa.

Namun, ada juga "Yang kami khawatirkan justru saat sinkronisasi dengan server pusat karena kalau kondisi internet tidak stabil hasil sinkronisasi tidak maksimal," tutupnya.

Zonasi Sekolah Permudah Distribusi Guru
Tak Lulus SBMPTN? Saatnya Pilih Kampus Terakreditasi
Sekolah Tak Boleh Kenakan Pungutan Liar
Kementerian PUPR Sasar SMK untuk Kerjasama Sosialisasi Infrastruktur
MUSIC
STAR Radio Padang Bertabur Bintang
FILM
Transformers: Age of Extinction Libatkan Animator
TREN
Ingin Tampil Gaya, Abaikan Aturan ini
BUDAYA
Merayakan Budaya Membaca, Cerita-cerita Klasik Dib