12 SMA dan MA di Papua Melaksanakan UNBK Masih Offline

JAYAPURA - 12 SMA dan Madrasah Aliyah (MA) mengalami hambatan telekomunikasi, hingga di Hari ketiga pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), terjadinya kendala teknis yang masih terjadi. Seperti di Papua, dan akhirnya ujian dilaksanakan secara offline.

jika dilihat dari perbedaan antara UNBK online dan offline, online adalah peserta langsung terhubung dengan internet secara langsung dengan token untuk membuka soal, sedangkan secara offline tokennya dikirim dengan menggunakan pesan singkat (SMS).

Adapun, Sekretaris Panitia Ujian Nasional Dinas Pendidikan dan Pengajaran Papua, Bedjo mengatakan, ada lima sekolah yang tidak bisa melaksanakan UNBK dan beralih ke offline tersebar di kota dan Kabupaten Jayapura, Sarmi dan Kabupaten Merauke.

walaupun online maupun offline tetap menggunakan komputer, karena jika offline token untuk membuka soal dikirimkan melalui SMS. Kemudian, sambung dia setelah selesai mengisi soal baru menggunakan internet untuk mengirim jawabannya. Tambahnya.

Dan juga, General Manager Telkom Papua, Lonely Baringin Manaranap mengatakan, saat ini tercatat 109 SMA di Papua yang menjalin kerjasama dengan Telkom sehingga menjadi priotitas dalam pelayanan khususnya dalam pelaksanaan UNBK.

Sementara itu, “Telkom sudah mengalokasikan sekitar 3MB untuk tiap sekolah yang melaksanakan UNBK sehingga diharapkan tidak ada kendala dalam pelaksanaannya,” kata Manaranap.

Adapun demikian, UNBK berlangsung hingga Kamis, 12 April 2018, dengan materi empat mata pelajaran di antaranya bahasa Indonesia, matematika, bahasa Inggris serta soal yang sesuai jurusan (IPA, IPS dan bahasa).

Kemdikbud Harus Beri Edukasi Manual UNBK
SNMPTN 2018 Diumumkan pada hari ini
SBMPTN, Peserta Harus Jeli saat Pilih Jurusan Kuliah
Berakhirnya UN, Direktur Jenderal Pendidikan Dari Kemendikbud Mengimbau Siswa Tidak Lakukan Aksi Corat-Coret
MUSIC
STAR Radio Padang Bertabur Bintang
FILM
Transformers: Age of Extinction Libatkan Animator
TREN
Ingin Tampil Gaya, Abaikan Aturan ini
BUDAYA
Merayakan Budaya Membaca, Cerita-cerita Klasik Dib