Program Pertukaran Siswa Internasional Pelajar Thailand tuntut ilmu di MAN-1 Pekanbaru

Pekanbaru - Pelajar Attarkiyah Islamiah Institute Thailand menuntut ilmu di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Pekanbaru selama satu bulan dalam program pertukaran siswa internasional sebanyak 14 orang.

"MAN 1 Pekanbaru ditunjuk sebagai salah satu tempat menuntut ilmu para pelajar Thailand tersebut karena memiliki program pertukaran pelajar internasional," kata Kepala Kanwil Kemenag Riau, Ahmad Supardi Hasibuan di Pekanbaru, Senin (22/1/18) dilansir dari laman Antarasumbar.

Melalui pertukaran pelajar internasional tersebut, siswa diharapkan bisa mendapatkan pergaulan internasional dan bisa juda dalam berbahasa asing serta dapat menyesuaikan diri secara budaya, ilmu pengetahuan dan bahasa asing, Menurutnya.

Dia mengatakan, program tersebut merupakan sebagai momen bagi mereka untuk saling belajar budaya dan melatih kemampuan berbahasa Arab dan Inggris.

"Kerja sama ini memotivasi 17 MAN di Riau, ke depannya agar bisa menggelar kerjasama untuk meraih pengalaman internasional untuk pelajar. Pelajar yang dikirim dilakukan seleksi yang berprestasi dan berkemampuan bahasa Inggris," katanya.

Untuk MAN 1, dijadwalkan sebanyak 18 pelajar kelas X dan XI serta dua orang guru pendamping berangkat pada (1/2/18) selama 10 hari di Thailand, Ketua komite serta Kepala Sekolah MAN I Pekanbaru, katanya.

H Abdulllah Mutholib pimpinan Attarkiyah Islamiah Institute Thailand, mengatakan bahwa melalui program pertukaran pelajar tersebut dapat membangun persaudaraan antara siswa Attarkiyah Islamiah Institute Naratiwat Thailand dengan sekolah dasar madrasah dan aliyah di Riau.


Pelajar merupakan aset dan generasi penerus sebagai pemimpin di wilayah dan kotanya masing masing dimasa yang akan datang. Semoga dengan kerjasama ini, berharap ikhwah yang terjalin sekarang ini akan memajukan umat Islam dimanapun berada.

"Kesan pertama kami ke Riau adalah kunjungan ke UIN Suska Riau pada 2010 bahkan hingga kini hubungan silaturahim tersebut masih berlanjut. Hal ini menjadi pembuka gerbang kerja sama dengan sekolah lain di Riau, apalagi madrasah adalah model pendidikan formal berciri khas agama Islam," katanya.

Dia menekankan atas kunjungan terdahulu makin memperkuat keyakinannya untuk melanjutkan kemitraan ke berbagai sekolah sehingga sekolah dasar di Riau. Selain kunjungan ke MAN 1 Pekanbaru, rombongan pelajar Thailand juga berkunjungan ke MAN1 Siak.(*)

Adanya Keterlambatan Pengumuman Hasil UN di SMP
Pemuda Indonesia Memperingati Hardiknas 2018, Juga Menyelenggarakan Kemah Pendidikan dan Apel Kebangsaan
Mendikbud, Muhadjir Effendy Menguatkan Hardiknas Menjadi Momentum Pendidikan dan Kebudayaan
MTsN 2 Kelurahan Kalijaga, Kota Cirebon Melaksanakan UNBK Dengan Modem
MUSIC
STAR Radio Padang Bertabur Bintang
FILM
Transformers: Age of Extinction Libatkan Animator
TREN
Ingin Tampil Gaya, Abaikan Aturan ini
BUDAYA
Merayakan Budaya Membaca, Cerita-cerita Klasik Dib