Nilai UN Tidak Jadi Syarat Dalam SNMPTN dan SBMPTN 2018

JAKARTA - Ravik Karsidi Ketua Panitia SNMPTN-SBMPTN 2018 menegaskan nilai Ujian Nasional (UN) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tidak menjadi syarat kelulusan masuk PTN baik melalui SNMPTN maupun SBMPTN.

“Menristekdikti dan Mendikbud sepakat untuk tidak saling tergantung. Artinya, UN dan USBN tersebut tidak dikaitkan dengan seleksi penerimaan mahasiswa baru,” katanya baru-baru ini di Jakarta dilansir dari Okezone,

Dengan demikian, sambung Ravik, pada saat Seleksi Mandiri pihak PTN ingin memasukan form UN dan USBN dipersilakan. Apa bila ada siswa yang tidak lulus UN, maka secara otomatis akan batal keikutsertaanya dalam SNMPTN dan SBMPTN.

"UN dan USBN tidak ada pengaruhnya karena jadwal pengumumanya berbeda. SNMPTN pada tanggal 17 April, sementara UN dijadwalkan pada tanggal 23 Mei " tutur Rektor UNS.

Dia mengatakan, SNMPTN dan SBMPTN 2018 ini akan diikuti oleh 85 PTN. Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) untuk pendaftaran SNMPTN sudah resmi dibuka pada 13 Januari 2018. Sementara waktu pengisian dan verifikasi PDSS akan di mulai 13 Januari sampai 10 Februari 2018. Proses pendaftarannya dimulai pada tanggal 21 Februari sampai tanggal 6 Maret 2018. Pengumuman hasil seleksi akan diumumkan pada tanggal 17 April 2018, dan pendaftaran ulang peserta yang lulus PTN masing-masing akan dilaksanakan pada tanggal 8 Mei 2018 bersamaan dengan pelaksanaan ujian tertulis SBMPTN.

Dan untuk SBMPTN pendaftaran secara online ujian tulis berbasis cetak (UTBC) dan ujian tulis berbasis komputer (UBTK) akan di mulai pada tanggal 5 April - 27 April 2018. Untuk pelaksanaan UTBC dan UTBK akan berlangsung pada tanggal 8 Mei 2018. Dan Uji keterampilan akan dilaksanakan pada tanggal 9 atau 11 Mei 2018. Pengumuman hasil seleksi akan diumumkan pada tanggal 3 Juli 2018.

Untuk daya tampung pada setiap program studi PTN yaitu SNMPTN paling sedikit 30%, SBMPTN paling sedikit 30% dan Seleksi Mandiri paling banyak 30%.

Ravik juga menyampaikan persyaratan sekolah SMA/SMK/MA dapat mendaftarkan siswanya dalam SNMPTN yaitu bila terakreditasi A berjumlah 50% terbaik di sekolahnya, sekolah yang terakreditasi B maka 30% terbaik di sekolahnya, yang terakreditasi C yaitu 10% terbaik di sekolahnya.

"Kami berharap sosialisasi ini berjalan maksimal dan pelaksanaan SNMPTN dan SBMPTN 2018 dapat berjalan dengan lancar," katanya dalam Peluncuran SNMPTN dan SBMPTN 2018.

pendidikan 20 persen di APBD, Baru dua provinsi dan 26 kabupaten/kota
Jadwal Pelaksanaan SNMPTN
Jurusan Ini Banyak Dicari Perusahaan Zaman Now
Presiden Jokowi Bagikan 1.010 kartu KIP
MUSIC
STAR Radio Padang Bertabur Bintang
FILM
Transformers: Age of Extinction Libatkan Animator
TREN
Ingin Tampil Gaya, Abaikan Aturan ini
BUDAYA
Merayakan Budaya Membaca, Cerita-cerita Klasik Dib