SNMPTN Telah Resmi Dibuka Siswa Siswi SMA/SMK Bisa Daftar

JAKARTA - Pendaftaran Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) telah resmi dibuka. Ini disampaikan oleh Ketua Pusat SNMPTN dan SBMPTN 2018, Ravik Karsidi dalam Peluncuran SNMPTN dan SBMPTN 2018 di Kemristekdikti, Jakarta, Jumat (12/1/18).

"Besok Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) sudah dapat bisa diakses oleh sekolah," ujarnya.

Ravik menambahkan, ada sebanyak 85 perguruan tinggi negeri (PTN) yang akan mengikuti SNMPTN 2018. Selain melalui SNMPTN, para calon mahasiswa baru juga bisa melalui jalur SBMPTN dan Seleksi Mandiri yang dilakukan melalui ujian tulis berbasis cetak (UJBC) dan ujian tulis berbasis komputer (UTBK), dilansir dari Okezone.

Sementara itu untuk daya tampung, sambung Ravik, tidak mengalami perubahan seperti pada tahun sebelumnya. Untuk SNMPTN paling sedikit 30%, SBMPTN paling sedikit 30%, dan Seleksi Mandiri paling banyak 30%.

Ravik juga menyampaikan bahwa persyaratan sekolah SMA/SMK/MA dapat mendaftarkan siswanya dalam SNMPTN yaitu terakreditasi A berjumlah 50% terbaik di sekolahnya, sekolah terakreditasi B maka 30% terbaik di sekolahnya, terakreditasi C yaitu 10% terbaik di sekolahnya.

Untuk waktu pengisian dan verifikasi PDSS akan berlangsung pada 13 Januari - 10 Februari 2018. Proses pendaftaran akan dimulai pada 21 Februari - 6 Maret 2018. Pengumuman hasil seleksi dilakukan pada 17 April 2018, dan pendaftaran ulang peserta yang lulus di PTN masing-masing akan dilaksanakan pada 8 Mei 2018 bersamaan dengan pelaksanaan ujian tertulis SBMPTN.

Zonasi Sekolah Permudah Distribusi Guru
Tak Lulus SBMPTN? Saatnya Pilih Kampus Terakreditasi
Sekolah Tak Boleh Kenakan Pungutan Liar
Kementerian PUPR Sasar SMK untuk Kerjasama Sosialisasi Infrastruktur
MUSIC
STAR Radio Padang Bertabur Bintang
FILM
Transformers: Age of Extinction Libatkan Animator
TREN
Ingin Tampil Gaya, Abaikan Aturan ini
BUDAYA
Merayakan Budaya Membaca, Cerita-cerita Klasik Dib