SMP di Kota Padang Akan Laksanakan UNBK 2018

PADANG - Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat, sebanyak 27 Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang akan mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2018. ini kata pejabat setempat.

"Sekolah yang akan melaksanakan UNBK secara mandiri ada 22 sekolah  dan 5 SMP akan menyelenggarakannya secara bersama," kata Kepala Seksi Kurikulum Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan Padang, Ramson di Padang, Kamis (11/1/18) dilansir dari okezone.

Dia mengatakan bahwa sekolah yang akan menyelenggarakan bersama UNBK tersebut adalah SMPN 11 Padang, SMPN 30 Padang, SMPN 31 Padang, SMPN 33 Padang dan SMPN 12 Padang.

Pelaksanaan UNBK SMP di kota Padang merupakan kedua kalinya yang akan dilaksanakan pada tahun ini, sehingga perlu persiapan yang sangat matang serta menyiapkan kekurangan fasilitas dalam pelaksanaannya, seperti komputer, ujarnya.

Untuk menyiapkan kekurangan fasilitas komputer direncanakan pemakaian komputer SMA atau SMK.  karena SMA/SMK lebih dulu menyelenggarakan UNBK dibandingkan tingkat SMP.

Terkait target untuk pencapaian hasil UNBK, pihaknya tidak menentukan target untuk hal tersebut, namun pihaknya akan terus mendorong sekolah untuk memberikan pelatihan kepada siswa yang akan mengikuti UNBK.

Tahun 2017 hanya 15 sekolah yang mengikuti UNBK dengan 4 sekolah sebagai penyelenggara UNBK secara mandiri.

Sementara, Persatuan Guru Republik Indonesia Provinsi Sumatera Barat menyatakan UNBK meminimalkan kecurangan selama pelaksanaan ujian. "Dengan adanya UNBK kecurangan-kecurangan yang selama ini dikhawatirkan dapat diminimalisasi atau bahkan tidak terjadi," ujar Ketua PGRI Sumbar Zainal Akil.

Dia juga menyampaikan PGRI Sumbar mendukung untuk pelaksanaan UNBK karena dapat membangun jiwa yang jujur baik bagi guru maupun peserta didik sehingga dapat menghasilkan siswa yang berkualitas.

 

pendidikan 20 persen di APBD, Baru dua provinsi dan 26 kabupaten/kota
Jadwal Pelaksanaan SNMPTN
Jurusan Ini Banyak Dicari Perusahaan Zaman Now
Presiden Jokowi Bagikan 1.010 kartu KIP
MUSIC
STAR Radio Padang Bertabur Bintang
FILM
Transformers: Age of Extinction Libatkan Animator
TREN
Ingin Tampil Gaya, Abaikan Aturan ini
BUDAYA
Merayakan Budaya Membaca, Cerita-cerita Klasik Dib