Soal USBN Esai Di Tahun 2018

JAKARTA – Terjadi sejumlah modifikasi dalam dunia pendidikan Pada tahun 2018. Seperti model soal esai yang resmi ditetapkan pada Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) 2018 serta modifikasi Ujian Nasional (UN) dengan penambahan bobot soal isian sebanyak 10% untuk mata pelajaran Matematika.


Ada siswa yang mengaku tidak mengetahui rencana modifikasi soal tersebut. Mendekati USBN dan UN, mereka mengaku belum banyak dibekali persiapan untuk menjawab soal esai oleh pihak sekolah.

“Isunya sudah, tetapi belum ada kelanjutannya di sekolah. Kalau persiapan soal isian, di sekolah belum ada informasi yang lebih lanjut. Jadi, sementara masih (latihan) pilihan ganda,” kata Mima, siswi kelas 12 SMA Pesat.

Siswi SMAN 1 Babakan Madang, Shanen dan Azilah juga menyampaikan bahwa belum ada persiapan. Mereka percaya, model soal esai baru resmi diterapkan pada tahun berikutnya. Menanggapi wacana tersebut, keduanya tidak merasa khawatir.

“Kita kayaknya tidak dapet deh, belum pasti. Ungkapnya, tahun kita terakhir, tahun depan (2019) baru dapat (soal esai),” jawab Shanen. Tambah Azilah, “Belum ada persiapan.”

Meski belum dapat perlakuan khusus untuk menghadapi soal esai pada UN dan USBN, mereka masih beruntung sempat mendengar gagasan modifikasi. ternyata, masih ada siswa lain yang belum mendengar wacana ini sama sekali.

Saat dibahas mengenai soal esai UN, siswi MAN 2 Bogor, Inayah, kaget dan tidak percyaya, “Esai? Beneran? Ujiannya esai nanti? Bukannya komputer, ya?” tanyanya.

Meski baru mendengar kabar itu, Inayah berkata tidak keberatan. Apapun bentuk soal itu, sambung Inayah, “Jalanin aja.”

Adanya Keterlambatan Pengumuman Hasil UN di SMP
Pemuda Indonesia Memperingati Hardiknas 2018, Juga Menyelenggarakan Kemah Pendidikan dan Apel Kebangsaan
Mendikbud, Muhadjir Effendy Menguatkan Hardiknas Menjadi Momentum Pendidikan dan Kebudayaan
MTsN 2 Kelurahan Kalijaga, Kota Cirebon Melaksanakan UNBK Dengan Modem
MUSIC
STAR Radio Padang Bertabur Bintang
FILM
Transformers: Age of Extinction Libatkan Animator
TREN
Ingin Tampil Gaya, Abaikan Aturan ini
BUDAYA
Merayakan Budaya Membaca, Cerita-cerita Klasik Dib