Gerakan 123 Bagi Anak

Emadink.com, Jakarta - Orang tua di Indonesia seharusnya tidak menekankan berat badan sebagai indikator kesehatan dan tumbuh kembang anak. Tinggi badan anak juga harus diketahui secara rutin. Menurut beberapa penelitian telah membukikan adanya korelasi positif antara tinggi badan dan perkembangan otak.

Hal ini dijelaskan oleh Dokter Spesialis Anak dan Konsultan Tumbuh Kembang, DR. dr. Ahmad Suryawan, SpA(K). Anak yang mempunyai tinggi badan di bawah rata-rata anak di usianya, atau lebih dikenal dengan stunting, di Indonesia masih tinggi, sekitar 35% (RISKESDAS 2013), dilansir dari laman Sindo, Rabu, (10/01).

Kondisi ini antara lain karena nutrisi sejak anak di dalam kandungan, tingginya infeksi akibat rendahnya higienitas, dan kurangnya aktivitas fisik anak.

"Sehingga, jangan disangka bahwa penentu tinggi badan anak itu hanya faktor genetika atau keturunan saja, tetapi orang tua dapat mengoptimalkan tinggi badan anak dengan asupan nutrisi dan stimulasi aktivitas gerak yang sesuai untuk anak," tegasnya.

Sementara itu, dokter spesialis kedokteran olahraga dr. Michael Triangto, SpKO menambahkan bahwa aktivitas fisik sangat penting.

“Aktivitas fisik tidak hanya memberikan manfaat kesehatan, tetapi juga mampu merangsang ketrampilan motorik, perkembangan kognitif, dan kemampuan mengelola emosi,” ungkapnya.

Ia menambahkan, yang terpenting dalam aktivitas fisik anak adalah gerakan yang tidak hanya mampu menstimulasi pertumbuhan otot, tetapi juga aman dilakukan.

“Misalnya, dalam ‘Gerak 123’ terdapat gerakan melompat dan berlari di tempat yang selain untuk kekuatan otot dan tulang juga untuk latihan otak dan koordinasi fisik,“ ujarnya. Bahkan, bila dilakukan bersama orang tua, ‘Gerak 123’ dapat lebih menguatkan hubungan emosional antara anak dan orang tua,“ jelasnya.

Frisian Flag Indonesia dengan brand value nya ‘Building Strong Family’ atau membangun keluarga sehat dan kuat saat ini meluncurkan ‘Gerak 123’. Ini merupakan tiga elemen penting sebagai fondasi tumbuh kembang anak; cinta kasih, nutrisi dan stimulasi gerak yang disesuaikan usia dan kebutuhannya.

“Inilah salah satu bentuk komitmen Frisian Flag Indonesia dalam mendukung lahirnya generasi Indonesia yang pintar, kuat dan tinggi,” ujar Felicia Julian, Marketing Director Frisian Flag Indonesia.

Sedangkan menurut psikolog keluarga, Roslina Verauli, M.Psi Psi, berbagai bentuk cinta kasih orang tua untuk memastikan buah hatinya tumbuh kembang secara optimal.

“Banyak hal yang dilakukan orang tua untuk hal itu, antara lain dengan memberikan asupan nutrisi yang tepat dan menstimulasi anak-anak dengan gerak fisik yang sesuai usia dan kebutuhan.”Aktivitas ‘Gerak 123’ yang dilakukan bersama orang tua, selain mampu memperkuat ikatan antara orang tua dan anak, juga secara jangka panjang dapat membantu anak terhindar dari risiko sedentary lifestyle -atau sebuah gaya hidup yang minim gerak fisik-yang tentunya akan menghambat tumbuh kembang mereka,” imbuhnya.

Dr. Marudut, MPS, ahli gizi, dosen di Jurusan Gizi Politeknik Kesehatan Kemenkes Jakarta II  yang  sekaligus anggota Bidang Penelitian dan Pengembangan Gizi, Persatuan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI), mengatakan bahwa komposisi asam lemak susu yang unik dan kompleks tersebut terutama karena tiga hal.
- Tersusun atas lebih dari 50 jenis asam lemak-asam lemak.
- Memiliki kandungan karbon rantai ganjil yakni asam pentadecanoat (15:0) dan asam heptadecanoat atau asam margarat (17:0) yang merupakan indikator konsumsi susu.
- Memiliki asam lemak trans yang dihasilkan melalui biohidrogenasi dengan bantuan enzim bakteri yang terdapat di saluran pencernaan, sedangkan asam lemak trans pada pangan olahan lainnya dihasilkan melalui proses hidrogenasi atau penambahan atom hidrogen.

Ini merupakan informasi penting bagi proses edukasi masyarakat yang selama ini dijalankan oleh Frisian Flag Indonesia sebagai sebuah perusahaan produsen produk-produk gizi berbasis susu.

pendidikan 20 persen di APBD, Baru dua provinsi dan 26 kabupaten/kota
Jadwal Pelaksanaan SNMPTN
Jurusan Ini Banyak Dicari Perusahaan Zaman Now
Presiden Jokowi Bagikan 1.010 kartu KIP
MUSIC
STAR Radio Padang Bertabur Bintang
FILM
Transformers: Age of Extinction Libatkan Animator
TREN
Ingin Tampil Gaya, Abaikan Aturan ini
BUDAYA
Merayakan Budaya Membaca, Cerita-cerita Klasik Dib