Fenomena Langka Bulan Akan Terlihat di Indonesia

Emadink.com - Pada 01 Januari 2018 terjadi penampakan supermoon, kali ini bulan akan kembali menampakkan keistimewaannya pada 31 Januari 2018 mendatang. Penampakan tersebut merupakan sesuatu yang belum pernah terjadi selama 150 tahun.

Tiga fenomena langka bulan diantaranya supermoon, blue moon, dan gerhana bulan akan terjadi sekaligus pada hari itu. Fenomena langka ini akan terlihat di Indonesia. dilansir dari laman Kompas, Senin, (08/01).

Pada 31 Januari 2018 mendatang, sebuah supermoon seperti yang terjadi pada tahun baru kembali muncul. Ini karena,  saat itu bulan sedang purnama dan berada paling dekat dengan bumi di orbitnya dan tentu membuat bulan lebih terlihat besar serta terang dari biasanya.

Selain itu, karena purnama menampakkan dirinya 2x dalam jangka waktu satu bulan maka fenomena ini dikenal sebagai blue moon (bulan biru). Blue moon sendiri juga merupakan fenomena langka yang terjadi 2,5 tahun sekali.

Pemandangan terbaik untuk gerhana bulan tersebut adalah pada tengah malam di wilayah Asia tengah dan timur, yakni Indonesia, Selandia Baru, dan Australia. Sedangkan Alaska dan Hawai akan mendapatkan sekilas pemandangan gerhana bulan ini.

Saat terjadi gerhana bulan, cahayanya akan tersaring oleh atmosfer. Saat itu pula cahaya biru akan memantuh jauh dari bulan dan cahaya merah akan tercermin di bulan. Gerhana bulan kemerahan tersebut akan membuatnya dijuluk sebagai blood moon (bulan darah).

"Kami melihat semua matahari terbit dan terbenam pada saat itu tercermin di permukaan bulan," ungkap Sarah Noble, seorang ilmuwan program di markas NASA, dikutip dari laman Kompas, Senin, (08/01).

Gerhana total blue moon sebelumnya terjadi pada 31 Maret 1866 lalu. Gerhana blue blood moon juga akan terjadi pada 31 Januari 2018 mendatang. ini merupakan yang pertama kali terjadi setelah 152 tahun silam.

 

Adanya Keterlambatan Pengumuman Hasil UN di SMP
Pemuda Indonesia Memperingati Hardiknas 2018, Juga Menyelenggarakan Kemah Pendidikan dan Apel Kebangsaan
Mendikbud, Muhadjir Effendy Menguatkan Hardiknas Menjadi Momentum Pendidikan dan Kebudayaan
MTsN 2 Kelurahan Kalijaga, Kota Cirebon Melaksanakan UNBK Dengan Modem
MUSIC
STAR Radio Padang Bertabur Bintang
FILM
Transformers: Age of Extinction Libatkan Animator
TREN
Ingin Tampil Gaya, Abaikan Aturan ini
BUDAYA
Merayakan Budaya Membaca, Cerita-cerita Klasik Dib