Guru dan Siswa Harus Siap Hadapi UN 2018

Emadink.com, Jogja - Hadapi soal Ujian Nasional (UN) 2018 yang 10% berupa soal isian, siswa dan guru harus benar-benar siap. Guru ditutut untuk dapat memberikan pemahaman kepada siswa.

Penerapan soal isian ini segera direspons Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika dengan melakukan pembahasan untuk mempersiapkan pendampingan terhadap siswa. Dwi Hartini, selaku Pengurus Seksi Pendidikan dan Pelatihan MGMP Matematika SMA Kabupaten Sleman menyatakan, pihaknya sudah mengetahui rencana adanya soal isian di mata pelajaran Matematika dalam UN 2018.

“Sebenarnya, pilihan ganda maupun isian singkat sama saja karena intinya soal Matematika bisa dijawab melalui proses mengerjakan dengan hitungan coretan,” jelasnya, dilansir dari Okezone, Sabtu, (30/12).

Mulai semester depan, mereka akan membahas secara khusus bersama MGMP Matematika terkait penerapan soal isian tersebut. Pembahasan dalam jejaring telah lebih dahulu dilakukan bersama seluruh guru Matematika di Indonesia.

Ia menilai dengan adanya soal isian singkat, membuat siswa harus yakin dengan jawabannya. Karena tidak ada alternatif jawaban lain seperti pilihan ganda. Serta, siswa dapat memetakan ketelitian, kecermatan dan kepercayaan diri dalam memecahkan masalah.

Ketua Dewan Pendidikan DIY Profesor Danisworo menambahkan, kesiapan siswa juga dituntut sebab soal isian mengharuskan mereka memiliki jawaban sesuai kemampuan masing-masing. Jangan sampai menggunakan sistem kebut semalam.

“Kalau pilihan ganda kan masih bisa berspekulasi, misal waktunya habis dijawab semua A, harapannya pasti ada yang benar, kalau isian guru harus menyiapkan mengapa sampai pada jawaban itu,” ungkapnya, dilansir dari okezone, Sabtu (30/12).

Satu SMP di Bukittinggi yang Tidak UNBK Mandiri
Penyelenggara UNBK Tingkat SMP Meningkat di Pasaman Barat
Guru SMPN 1 Merangin Penemu Mesin Bor Tiga Dimensi
Nilai UN Tidak Jadi Syarat Dalam SNMPTN dan SBMPTN 2018
MUSIC
STAR Radio Padang Bertabur Bintang
FILM
Transformers: Age of Extinction Libatkan Animator
TREN
Ingin Tampil Gaya, Abaikan Aturan ini
BUDAYA
Merayakan Budaya Membaca, Cerita-cerita Klasik Dib