Mengenang Sosok Ayah dalam Foto dan Buku

Emadink.com - Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak bekerja sama dengan Bentara Budaya Jakarta dalam menggelar pameran foto, yang bertemakan "Ini Ayah Hebatku". Pameran dimulai pada 20 sampai 25 November mendatang, dalam rangka memperingati Hari Ayah Nasional, 12 November kemarin.

Lenny N Rosalin, selaku Deputi Menteri Bidang Tumbuh Kembang Anak mewakili Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dalam membuka kegiatan ini, di Bentara Budaya, Jakarta, (20/11).

Kegiatan ini adalah hasil kerja sama berbagai pihak, diantaranya Bentara Budaya Jakarta, fotografer senior Arbain Rambey dan Lotus Public Relations.

Selain pamrena foto, juga dilengkapi dengan workshop mengenai ayah oleh Irwan Rinaldi dan workshop fotografi bertema Memotret Manusia oleh Arbain Rambey.

Pendidikan dan pengasuhan anak bukan serta mata hanya tanggung jawab seorang ibu, namun ayah juga memiliki peran penting dalam kehidupan anak.

Peran ayah dalam pendidikan dan pengasuhan anak memberikan dampak yang signitfikan terhadap perkembangan emosi anak, bahkan ikut menentukan masa depan anak.

Menurut aktivis ayah sekaligus penggagas Pameran Foto Keayahan, Yully Purwanti bahwa kesadaran peran penting ayah dalam pengasuhan anak di Indonesia masih terbatas.

“Di berbagai pelosok negeri ini, masih banyak para ayah yang berperan hanya sebatas pencari nafkah, hanya hadir untuk anak-anaknya secara fisik, namun tidak mengisi jiwa mereka,” jelasnya.

Irwan Rinaldi mengatakan, pameran ini merupakan refleksi bahasa cinta ayah kepada anak-anaknya. Ada masa ketika anak memang akan lebih banyak membutuhkan ayah dalam menumbuhkan dan membentuk keberanian, percaya diri, ketegasan, peduli, disiplin hingga melatih bagaimana menghargai satu sama lain baik dalam keluarga, pertemanan dan bersosialisasi di lingkungan masyarakat.

Bersamaan dengan pembukaan pameran foto, sebuah buku inspirasi keayahan diluncurkan. Buku berjudul Cinta Ayah Tiada Akhir yang ditulis dan diterbitkan sendiri oleh penulisnya, Yully Purwanti. Buku tersebut merupakan buku inspirasi keayahan ke-3 yang telah ditulisnya.

 

 

(Sindo News)

Buku ini nantinya dapat diperoleh secara gratis di kesempatan tatap muka sosialisasi keayahan yang akan dilaksanakan di berbagai komunitas orang tua.

Adanya Keterlambatan Pengumuman Hasil UN di SMP
Pemuda Indonesia Memperingati Hardiknas 2018, Juga Menyelenggarakan Kemah Pendidikan dan Apel Kebangsaan
Mendikbud, Muhadjir Effendy Menguatkan Hardiknas Menjadi Momentum Pendidikan dan Kebudayaan
MTsN 2 Kelurahan Kalijaga, Kota Cirebon Melaksanakan UNBK Dengan Modem
MUSIC
STAR Radio Padang Bertabur Bintang
FILM
Transformers: Age of Extinction Libatkan Animator
TREN
Ingin Tampil Gaya, Abaikan Aturan ini
BUDAYA
Merayakan Budaya Membaca, Cerita-cerita Klasik Dib