Putu Kambang, Tinggi Energi

Emadink.com(27 Mei 2014).Kambang merupakan negeri kecil yang ada di kecamatan Legayang Kabupaten Pesisir Selatan. Legayang daerah yang sangat sejuk dan indah karena banyak bukit-bukit. Di Kambang sangat terkenal dengan jajanannya yaitu putu kambang.Jajanan khas Kambang ini hanya dapat kita jumpai pada hari pasar Tradisional di Kambang yaitu pada hari Sabtu dan hari Kamis. Refnida (55 tahun), salah satu pedagang putu “ kue Putu ini sangat banyak peminatnyaselain rasanya enak,manis, harganyapun juga murah yaitu 500pergulungnya”ungkapnya.

Putu ini berbeda dengan putu yang biasa dijual di kota-kota besar, karena putu yang dijual di daerah ini tidak menggunakan penyedap rasa, menggunakan bahan-bahan asli dan tradisional.Putu kambang terbuat dari ketan hitam, gula aren, kelapa dan daun pandan. Semuanya adalah bahan utama untuk membuat putu kambang.

Cara pembuatan putu kambang ini merupakan warisan turun temurun keluarga di daerah Lengayang. Konon putu kambang ini telah dikenal orang sejak zaman kolonial Belanda dan bertahan hingga kini sebagai makanan khas asal Kambang. Makanan ini disebut sebagai makanan khas Kambang karena putu kambang merupakan putu basah dengan aroma dan rasa yang khas. Di dalam putu ada gula aren yang disebut luo. Luo merupakan perpaduan daun pandan yang terletak di tengah-tengah menjadikan makanan ini punya rasa tersendiri.

(Wartawan: Mega Revia)

(Editor      : Mimi Martalinda)

Satu SMP di Bukittinggi yang Tidak UNBK Mandiri
Penyelenggara UNBK Tingkat SMP Meningkat di Pasaman Barat
Guru SMPN 1 Merangin Penemu Mesin Bor Tiga Dimensi
Nilai UN Tidak Jadi Syarat Dalam SNMPTN dan SBMPTN 2018
MUSIC
STAR Radio Padang Bertabur Bintang
FILM
Transformers: Age of Extinction Libatkan Animator
TREN
Ingin Tampil Gaya, Abaikan Aturan ini
BUDAYA
Merayakan Budaya Membaca, Cerita-cerita Klasik Dib