Aduh.... Headbang Bisa Bikin Cedera Otak

Seorang penggemar fanatik musik metal di Jerman telah ditemukan mengalami cedera otak akibat giat melakukan aksi menggoyang-goyangkan kepala atau headbang selama bertahun-tahun, dimana mayoritas dilancarkan di konser-konser Motorhead.

Menurut penelitian yang dipublikasikan pekan ini lewat jurnal medis The Lancet, pria berusia 50 tahun itu mengunjungi sekolah medis di Hannover, Jerman, pasca menderita sakit kepala yang terus beranjak memburuk selama empat minggu berturut-turut usai menyaksikan sebuah konser Motorhead.

Perkara kesehatan dari pria tersebut cukup janggal, lantaran ia tak memiliki catatan cedera kepala apapun sebelumnya. Usai menjalani CT scan, para dokter yang merawatnya pun menemukan adanya luka di bagian kanan otaknya. Penanganan yang dilakukan kemudian berupa tindak pengeboran tempurung kepalanya untuk dapat melancarkan kembali aliran darah di dalamnya.

Menurut penelitian tersebut, headbang dengan akselerasi dan perlambatan gerakan maju-mundur yang tajam dan kuat berpotensi memutus sambungan pembuluh darah di kepala. Tercatat setidaknya telah ada tiga kasus serupa, dimana kegemaran akan aksi headbang berimbas pada kasus cedera di otak.

Meski demikian, Dr. Ariyan Pirayesh selaku salah satu dokter yang berjasa menyembuhkan pria asal Jerman itu menolak untuk mengutuk aksi headbang.

“Kami tak melawan budaya headbang. Risiko terjadinya cedera itu sangat kecil, walaupun saya pikir jika (pasien kami) memilih pergi ke konser musik klasik, ini tak perlu terjadi,” katanya.

Bahkan, dalam penelitian tersebut, kasus sang pria itu justru diyakini sebagai fakta yang memperkokoh reputasi Motorhead sebagai salah satu band rock n’ roll paling cadas di dunia, bersama kecepatan dan potensi gemuruh musiknya yang berbahaya bagi kondisi fisik penggemarnya.

“Rock & roll tak akan pernah mati. Penggemar heavy metal akan tetap menggila,” pungkas Dr. Pirayesh.

N via Rolling Stone

Adanya Keterlambatan Pengumuman Hasil UN di SMP
Pemuda Indonesia Memperingati Hardiknas 2018, Juga Menyelenggarakan Kemah Pendidikan dan Apel Kebangsaan
Mendikbud, Muhadjir Effendy Menguatkan Hardiknas Menjadi Momentum Pendidikan dan Kebudayaan
MTsN 2 Kelurahan Kalijaga, Kota Cirebon Melaksanakan UNBK Dengan Modem
MUSIC
STAR Radio Padang Bertabur Bintang
FILM
Transformers: Age of Extinction Libatkan Animator
TREN
Ingin Tampil Gaya, Abaikan Aturan ini
BUDAYA
Merayakan Budaya Membaca, Cerita-cerita Klasik Dib