Besok, Ayo ke TPS Pilih Presiden!

Besok (9/7), kamu yang berumur 17 tahun ke atas atau telah menikah memberikan hak pilih di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Kali ini suara kamu untuk memilih presiden RI periode 5 tahun ke depan. Ada dua pasang calon presiden yang akan dicoblos di surat suara, yaitu, nomor urut 1 Prabowo Subianto-Hatta Radjasa, dan nomor urut 2 Joko Widodo-Jusuf Kalla. Silakan coblos salah satunya sesuai hati nurani kamu.

Untuk mengenali dan mengetahui rekam jejak serta visi-misi kedua calon presiden ini, tentu kamu telah mengikuti serangkaian informasinya di berbagai media. Terutama, di masa-masa kampanye dan debat capres-cawapres yang disiarkan televisi. Apalagi, pemilihan presiden ini juga heboh di media sosial.

KPU Kota Payakumbuh Siap

Sementara itu, Komisi Pemilihan Umum Kota Payakumbuh, siap untuk menyukseskan Pemilihan Presiden. Berbagai proses dan tahapan menjelang Pilpres telah dilakukan KPU Kota Payakumbuh. Dari pemutakhiran daftar pemilih, penetapan Daftar Pemilih Tetap, penetapan Tempat Pemungutan Suara, pensortiran surat suara, distribusi logistik pilpres, sosialisasi pemilu  hingga koordinasi  dalam pengamanan  Pilpres dengan penegak hukum.

Untuk daftar pemilih, DPT di Kota Payakumbuh jauh berkurang dari DPT saat Pemilihan Legislatif 9 April lalu. Yakni, saat Pileg terdapat sebanyak 87440 pemilih, tetapi untuk Pilpres terdapat sebanyak 86.900 pemilih. Terjadi pengurangan sebanyak 540 pemilih. Pengurangan tersebut diakibatkan adanya pemilih yang meninggal dunia hingga ada yang pindah ke alamat baru.

Tak hanya jumlah DPT yang berkurang, tetapi jumlah  TPS di Kota Payakumbuh turut berkurang demi menghemat anggaran saat Pilpres. Pada saat Pileg lalu jumlah TPS  sebanyak 225, tetapi untuk Pilpres 9 Juli mendatang  berjumlah TPS menjadi 200. Terjadi pengurangan 25  TPS yang tersebar di 5 Kecamatan di Kota Payakumbuh.

“Berdasarkan instruksi KPU pusat,  upaya dalam penghematan anggaran pelaksanaan   Pilpres ini, memang ada pengurangan TPS di seluruh derah. Untuk Kota Payakumbuh, terjadi pengurangan sebanyak 25 TPS,” ujar Hetta Mambayu Ketua KPU Kota Payakumbuh serta Hidayatul Rusda Sekretaris KPU Kota Payakumbuh.

Dalam Pilpres besok, komisioner KPU Kota Payakumbuh mengajak seluruh masyarakat yang sudah wajib pilih  untuk datang ke TPS, memberikan satu suara dalam pemilihan presiden nanti.

 

(kabaluaklimopuluah.blogspot.com)

Kemdikbud Harus Beri Edukasi Manual UNBK
SNMPTN 2018 Diumumkan pada hari ini
SBMPTN, Peserta Harus Jeli saat Pilih Jurusan Kuliah
Berakhirnya UN, Direktur Jenderal Pendidikan Dari Kemendikbud Mengimbau Siswa Tidak Lakukan Aksi Corat-Coret
MUSIC
STAR Radio Padang Bertabur Bintang
FILM
Transformers: Age of Extinction Libatkan Animator
TREN
Ingin Tampil Gaya, Abaikan Aturan ini
BUDAYA
Merayakan Budaya Membaca, Cerita-cerita Klasik Dib