Tertatih-tatih, Belanda Akhirnya Melaju ke Semifinal

Belanda akhirnya bisa melenggang ke babak semifinal setelah mati-matian dalam memainkan si kulit bundar kala bertemu Kosta Rika, Minggu (6/7) dini hari di Stadion Fonte Nova, Salvador. Robin van Persie dkk harus menghabiskan waktu 120 menit ditambah dengan drama adu penalti untuk bisa menang dengan skor 4-3.

Menjalani laga terakhir penyisihan babak delapan besar, Belanda yang bertemu dengan Kosta Rika terlihat banyak memiliki peluang untuk mencetak gol. Tapi serangan tersebut dapat dipatahkan oleh kepiawaian sang penjaga gawang Keylor Navas yang berjuang menghalau serangan pemain Belanda.

Sebaliknya, peluang yang sama juga diraih oleh Kosta Rika yang berusaha mengimbangi permainan Belanda. Lagi-lagi tangguhnya penjaga gawang menjadi kendala untuk terciptanya sebuah gol. Sehingga pada babak pertama skor kacamata alias 0-0 harus diterima oleh Belanda dan Kosta Rika.

Pertandingan babak kedua, Belanda maupun Kostarika bermain habis-habisan. Jual beli serangan dilakukan oleh tim Oranye dan Kosta Rika yang berjuluk \"Los Ticos\" ini. Belanda tercatat banyak memiliki peluang pada babak kedua.Salah satu peluang emas Belanda yaitu lahir dari Sneijder.
Tendangan bebasnya hampir merobek gawang Keylor Navas. Kosta Rika diuntungkan dengan adanya tiang gawang. Dua kali tendangan pemain bernomor punggung 10 ini membentur tiang gawang Kosta Rika. Skor 0-0 masih tetap bertahan sampai peluit panjang dibunyikan wasit dan babak tambahan pun di depan mata.

Tambahan waktu 2x15 menit ini berlangsung sangat apik. Permainan cepat dan gila-gilaan dimainkan oleh Belanda dan Kosta Rika untuk bisa lolos ke babak semifinal. Namun pertahanan dan ketangguhan penjaga gawang masing-masing tim yaitu Jasper Cillessen     dan Keylor Navas menjadi penghalang untuk lahirnya sebuah gol.

Pertandingan pun harus ditentukan melalui titik putih. Namun sebelum berakhirnya tambahan waktu babak kedua, Louis Van Gaal tiba-tiba melakukan pergantian kiper. Keputusan ini menjadi sebuah keputusan penting yang diambil oleh kubu Belanda sebelum memulai drama adu penalti. Dimana selama pertandingan berjalan selama 120 menit, Jasper Cilessen bermain sangat bagus.

Mendapatkan kesempatan, Kosta Rika sukses menyarangkan bola ke gawang Tim Krul yang dipersiapkan untuk menyelesaikan drama adu penalti tersebut. Kemudian RVP sebagai penendang pertama bagi Belanda juga sukses menunaikan tugasnya sehingga skor berubah menjadi 1-1. Bryan Ruiz sebagai algojo kedua ternyata gagal menambah keunggulan Kosta Rika. Tendanganya dapat dibaca dan dimentahkan dengan baik oleh Krul.

Sementara itu, untuk kubu Belanda, Arjen Robben juga sukses menjebol gawang Navas. Tendangan dilanjutkan oleh Kosta Rika yang menunjuk Giancarlo Gonzales sebagai eksekutor. Pemain bernomor punggung 3 ini sukses menyamakan kedudukan menjadi 2-2. Kemudian Wesley Sneijder (Belanda), Cristian Bolanos (Kosta Rika), dan Dirk Kuyt (Belanda) menjadi pemain terakhir yang sukses menggetarkan gawang.

Malang bagi Michael Umana yang menjadi penentu bagi Kosta Rika. Tendangan terarahnya dapat diantisipasi dengan baik oleh Tim Krul. Skor akhir 4-3 menjadi akhir dari perjuangan Kosta Rika yang harus menyerahkan tiket lolos ke babak semifinal kepada Belanda yang bermain penuh totalitas. Belanda sendiri akan bertemu dengan Tim Tango Argentina pada empat besar Piala Dunia FIFA 2014 yang berhasil menang tipis atas Belgia dengan skor 1-0. (ade/inioke)

Kemdikbud Harus Beri Edukasi Manual UNBK
SNMPTN 2018 Diumumkan pada hari ini
SBMPTN, Peserta Harus Jeli saat Pilih Jurusan Kuliah
Berakhirnya UN, Direktur Jenderal Pendidikan Dari Kemendikbud Mengimbau Siswa Tidak Lakukan Aksi Corat-Coret
MUSIC
STAR Radio Padang Bertabur Bintang
FILM
Transformers: Age of Extinction Libatkan Animator
TREN
Ingin Tampil Gaya, Abaikan Aturan ini
BUDAYA
Merayakan Budaya Membaca, Cerita-cerita Klasik Dib