BAZ Kota Payakumbuh Salurkan Bantuan Rp. 513 Juta

Badan Amil Zakat (BAZ) Kota Payakumbuh salurkan bantuan pendidikan sebesar Rp. 513 juta, Kamis (3/7). Bertempat di beberapa titik pembagian, salah satunya di Sekretariat BAZ Kota Payakumbuh di Sawah Padang, tercatat 1000 orang anak menerima bantuan pendidikan baik itu dari kalangan SD, SMP maupun SMA di Kota Payakumbuh.

Ketua BAZ sekaligus Ketua MUI Kota Payakumbuh Mismardi BA kepada inioke.com mengungkapkan bahwa program pemberian bantuan pendidikan ini merupakan salah satu wujud dan upaya BAZ dalam menjalankan visinya yaitu Payakumbuh Cerdas. Lebih lanjut lagi Buya Mismardi menjelaskan bahwa sejak Mei lalu, BAZ telah mendata keluarga kurang mampu yang ada di beberapa kecamatan di Kota Payakumbuh.

\"Bantuan ini merupakan salah satu upaya dalam menjalankan visi BAZ diantaranya Payakumbuh Cerdas, Payakumbuh Sehat, dan Payakumbuh Bertaqwa. Untuk program bantuan ini termasuk dalam kategori Payakumbuh Cerdas,\" jelas Ketua BAZ saat wawancara di ruangannya beberapa waktu lalu.

BAZ sebagai salah satu lembaga sosial yang ada di Kota Payakumbuh saat ini telah melakukan beberapa kali bantuan kepada masyarakat kurang mampu dan pada bulan Ramadhan ini BAZ juga telah memberikan bangtuan kepaada Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh dalam pelaksanaan Pesantren Ramadhan. Saat ditemui di ruangannya, Buya Mismardi BA menyampaikan bahwa sumber dana bantuan ini berasal dari zakat Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kota Payakumbuh.

Setiap bulannya, BAZ Kota Payakumbuh menerima pemasukan sekitar Rp. 130-140 juta. Pemasukan ini sendiri menurutnya bermula ketika keluarnya surat edaran dari Walikota Payakumbuh sebelumnya dan berlanjut sampai saat sekarang ini. Menurut rencana, BAZ juga akan menyalurkan bantuan atau tunjangan kepada 400 orang tenaga guru TPA/TPSA dan kepada kaum fakir yang ada di Kota Payakumbuh.

\"Dana bantuan ini bersumber dari zakat yang dikeluarkan oleh PNS melalui pemotongan gaji setiap bulannya. Hal ini dimulai sejak dikeluarkannya surat edaran dari walikota Payakumbuhsebelumnya hingga saat sekarang ini. Sehingga lebih kurang Rp. 130-140 juta masuk ke kas BAZ setiap bulannya,\" ungkap Buya Mismardi BA.

Untuk siswa SD, tercatat sebanyak 318 siswa menerima bantuan sebesar Rp. 450.000 per anak. Kemudian 399 anak SMP  menerima sebesar Rp. 500.000 per anak dan untuk 283 siswa SMA mendapat bantuan sebesar Rp. 600.000. Jumlah ini menurut Mismardi BA akan meningkat setiap tahunnya jika pendidikan tidak segera dituntaskan dengan cepat.

Usai pembagian bantuan pendidikan kepada lebih kurang 1000 siswa kurang mampu, Buya Mismardi BA berharap bantuan ini nantinya bermanfaat bagi keluarga yang menerimanya terutama bagi anak yang akan melanjutkan sekolah baik itu ke jenjang SD, SMP, dan SMA. Kemudian tidak ada lagi anak yang tidak mengenyam pendidikan di Kota Payakumbuh ini ke depannya.

\"Tidak ada anak di Kota Payakumbuh yang tidak mengenyam pendidikan dikarenakan tidak adanya biaya. Walaupun belum sepenuhnya, diharapkan orang tua dapat menguasahakan anak untuk bersekolah. Kepada PNS agar memberikan zakatnya kepada BAZ sehingga dapat tersalurkan kepada orang-orang yang membutuhkan,\" harap Ketua BAZ Kota Payakumbuh mengakhiri.

pendidikan 20 persen di APBD, Baru dua provinsi dan 26 kabupaten/kota
Jadwal Pelaksanaan SNMPTN
Jurusan Ini Banyak Dicari Perusahaan Zaman Now
Presiden Jokowi Bagikan 1.010 kartu KIP
MUSIC
STAR Radio Padang Bertabur Bintang
FILM
Transformers: Age of Extinction Libatkan Animator
TREN
Ingin Tampil Gaya, Abaikan Aturan ini
BUDAYA
Merayakan Budaya Membaca, Cerita-cerita Klasik Dib