504 Guru SMA/SMK di Payakumbuh dan Limapuluh Kota Pelatihan Kurikulum 2013

Menghadapi sistem pendidikan dan pembelajaran yang baru, sebanyak 504 guru SMA dan SMK di Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluhkota telah mendapatkan pelatihan dalam impelentasi Kurikulum 2013. Berlokasikan di SMAN 1 Payakumbuh pada 22-26 Juni lalu ini, guru-guru sembilan mata pelajaran wajib di sekolah ini telah mendapat banyak ilmu sebelum menerapkan pembelajaran berbasis Kurikulum 2013 ini.

Menurut Ar Azmi, selaku Penanggung Jawab Pelaksanaan Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013, beberapa materi yang diberikan kepada peserta pelatihan ini terbagi dalam lima kategori. Pertama, Konsep Kurikulum 2013 (Rasional dan Elemen Perubahan Kurikulum, SKL, KL, KD, dan Strategi Implementasi Kurikulum 2013, dan Pendekatan Model-model Pembelajaran dan Penilaian pada Kurikulum 2013). Kedua, Analisis Buku (Analisis Buku Guru dan Buku Siswa).

Ketiga, Perancangan Pembelajaran dan Penilaian (Penerapan Pendekatan Saintifik dan Model-model pada Pembelajaran dan Perancangan Penilaian dalam Pembelajaran di SD, SMP, SMA, dan SMK serta Pelaporan Hasil Penilaian Pembelajaran dalam Rapor). Kemudian, Praktik Pembelajaran Terbimbing (Analisis Video Pembelajaran, Penyusunan RPP, dan Peer Teaching). Terakhir melakukan tes awal dan tes akhir sebagai output dari pelatihan ini.

Selain itu, pelaksanaan pelatihan yang dilakukan oleh Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Propinsi Sumatera Barat ini merupakan perpanjangan tangan dari kementerian pendidikan kepada guru-guru yang berada di daerah. Hal ini dilakukan untuk melakukan perubahan mindset terhadap guru sebelum melakukan pelaksanaan Kurikulum 2013 di sekolah nanti.

\"Pelatihan ini bertujuan untuk melakukan perubahan mindset atau pola pikir guru dimana dahulu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) sekarang berubah menjadi Kurikulum 2013. Sebelumnya materi yang lebih ditonjolkan untuk diajarkan kepada siswa tapi sekarang lebih kepada materi apa yang akan dibutuhkan oleh siswa,\" ungkap Penanggung Jawab Pelaksanaan Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 saat ditemui inioke.com beberapa waktu lalu.

Untuk itu menurut Penanggung Jawab Pelaksanaan Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 bersama Ketua Pelaksana Irawati, salah satu langkah pendekatan saintifik yang dilakukan adalah 5M yaitu (Mengamati, Menanya, Mencoba, Mengasosiasi, dan Mengkomunikasikan). Sehingga nantinya guru dapat menerapkan pelaksanaan Kurikulum 2013 ini kepada siswa di kelas dan menanamkan nilai-nilai perubahan sikap yang bermanfaat bagi siswa.

\"Guru dapat mengimplementasikan di kelas-kelas kepada siswa apa yang telah didapatnya selama pelatihan ini. Sehingga guru bisa menanamkan nilai-nilai kepada siswa baik itu terkait hubungannya dengan Tuhan, hubungan dengan diri sendiri maupun hubungan dengan orang lain,\" harap  Azmi, didampingi Ketua Pelaksana Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 Irawati. (ade/inioke)

Zonasi Sekolah Permudah Distribusi Guru
Tak Lulus SBMPTN? Saatnya Pilih Kampus Terakreditasi
Sekolah Tak Boleh Kenakan Pungutan Liar
Kementerian PUPR Sasar SMK untuk Kerjasama Sosialisasi Infrastruktur
MUSIC
STAR Radio Padang Bertabur Bintang
FILM
Transformers: Age of Extinction Libatkan Animator
TREN
Ingin Tampil Gaya, Abaikan Aturan ini
BUDAYA
Merayakan Budaya Membaca, Cerita-cerita Klasik Dib