Karang Taruna Payakumbuh Bentuk RBM

Karang Taruna Kota Payakumbuh bentuk Rehabilitasi Berbasis Masyarakat (RBM) di Kelurahan Daya Bangun dan Kelurahan Balai Kalikih.

Ketua Karang Taruna Kota Payakumbuh Alnoferi Datuak Rajo Mangkuto mengungkapkan bahwa lebih kurang 8 bulan dan hampir setahun belakangan ini, Karang Taruna telah memulai penanggulangan narkoba dengan membentuk RBM di dua kelurahan. Hal ini disampaikannya sebagai salah satu wujud kepedulian karang taruna akan nasib generasi muda yang saat ini tengah terjebak dalam bahaya narkoba.

\"Saat ini Karang Taruna Kota Payakumbuh telah memiliki dua RBM yang berada di Kelurahan Daya Bangun dan Kelurahan Balai Kalikih. RBM ini menampung pecandu narkoba yang ingin kembali ke jalan yang benar melalui terapi 12 langkah di Kelurahan Daya Bangun dan terapi qolbu di RBM Dzikir Al Hidayah Kelurahan Balai Kalikih,\" sampai Ketua Karang Taruna Kota Payakumbuh.

Menurutnya, telah tercatat sebanyak 21 orang pasien rehabilitasi yang telah sembuh dan tidak lagi bergaul dan menyentuh barang haram itu lagi. Alnoferi Dt. Rajo Mangkuto juga menambahkan bahwa saat ini diperlukan dukungan yang penuh dari pemerinta dan masyarakatuntuk memerangi penyakit masyarakat yang mengancam generasi penerus bangsa ini. Sebab dari beberapa pasien yang menjalani rehabilitasi ini pada umumnya adalah remaja.

\"Peran serta dan dukungan pemerintah serta masyarakat sangat diperlukan untuk mengatasi permasalahan narkoba yang mengancam generasi muda Kota Payakumbuh. Sehingga nantinya akan ada RBM lain di kelurahan sebagai perpanjangan tangan BNN yang ada di tengah masyarakat,\" harap Alnoferi Dt. Rajo Mangkuto.

Kepada inioke.com Ketua Karang Taruna Kota Payakumbuh ini juga menginformasikan bahwa pada pertengahan bulan Ramadhan ini, RBM yang ada di Kelurahan Daya Bangun dan Balai Kalikih ini akan diresmikan secara resmi oleh pemerintah. Untuk itu dukungan moril maupun materil dari pemerintah terkait sangat diperlukan demi memberantas penyalahgunaan narkoba di Kota Payakumbuh ini.

Selain itu, dirinya juga menghimbau kepada masyarakat khususnya pecandu atau pengedar narkoba untuk dapat segera kembali ke jalan yang benar dan melakukan rehabilitas. Sebagaimana tema yang diangkat pada peringatan HANI tahun 2014 ini yaitu Drug Use Disorder are Preventable and Treatable atau Pengguna Narkoba Dapat Dicegah dan Diobati. (ade/inioke)

Zonasi Sekolah Permudah Distribusi Guru
Tak Lulus SBMPTN? Saatnya Pilih Kampus Terakreditasi
Sekolah Tak Boleh Kenakan Pungutan Liar
Kementerian PUPR Sasar SMK untuk Kerjasama Sosialisasi Infrastruktur
MUSIC
STAR Radio Padang Bertabur Bintang
FILM
Transformers: Age of Extinction Libatkan Animator
TREN
Ingin Tampil Gaya, Abaikan Aturan ini
BUDAYA
Merayakan Budaya Membaca, Cerita-cerita Klasik Dib