Aksesori peripheral multitasking, Trend Teknologi Tahun 2014

Aksesori peripheral multitasking yang memungkinkan pengguna melakukan banyak fungsi secara bersamaan, diprediksi menjadi tren di tahun ini. Produk semacam itu, antara lain perangkat nirkabel yang dapat berfungsi sebagai router, Wi-Fi storage, dan power bank, demikian dilaporkan tempo.co.

\"Saat ini aksesori mobile sudah menjadi kebutuhan, apalagi yang sifatnya praktis,\" ujar Marketing Manager Rapoo India, Sunil Srivastava, di Jakarta, Senin, 7 April 2014.

Melihat kebutuhan tersebut, produsen asal Negeri Panda itu giat memproduksi aksesori multitasking. Sejak berdiri pada 2002, Rapoo fokus menciptakan produk berbasis sambungan nirkabel, baik berbasis Bluetooth maupun Wi-Fi. 

\"Sambungan nirkabel membedakan Rapoo dari produsen peripheral lain yang produknya masih menggunakan kabel,\" ucap Sunil. Dia juga mengklaim Rapoo merupakan perusahaan pertama di dunia dengan teknologi nirkabel yang dapat berjalan di jaringan 5G.

Country Manager Rapoo Indonesia, Harry Kartono, mengakui aksesori peripheral berbasis nirkabel belum banyak digunakan di Indonesia. Menurut dia, orang Indonesia masih menganggap produk nirkabel sebagai barang yang harganya mahal.

Padahal, di sejumlah negara aksesori nirkabel sudah menjadi kebutuhan. \"Penelitian kami menyebutkan 52 persen masyarakat Cina sudah menggunakan aksesori nirkabel,\" ucapnya di tempat yang sama.

Berkaca dari hal tersebut, Rapoo Indonesia meluncurkan beragam produk nirkabel dengan harga yang diklaim kompetitif. Tidak tanggung-tanggung, mereka meluncurkan 14 aksesori peripheral, antara lain tetikus, keyboard, headset, speaker Bluetooth, dan storage nirkabel. 

Salah satu produk unggulan mereka adalah Wi-Fi storage yang dapat digunakan sebagai router, storage berbasis komputasi awan (cloud), dan power bank. \"Kami ingin menjual semua produk mulai dari pemula hingga premium,\" ujar Harry di laman yang sama.

Harry mengatakan seluruh produknya sudah tersedia di Tanah Air. Dia enggan menyebutkan berapa target penjualannya di Indonesia. Dalam memasarkan produknya di Indonesia, Rapoo menunjuk distributor tunggal, Surya Candra. (tempo.co/da)

Zonasi Sekolah Permudah Distribusi Guru
Tak Lulus SBMPTN? Saatnya Pilih Kampus Terakreditasi
Sekolah Tak Boleh Kenakan Pungutan Liar
Kementerian PUPR Sasar SMK untuk Kerjasama Sosialisasi Infrastruktur
MUSIC
STAR Radio Padang Bertabur Bintang
FILM
Transformers: Age of Extinction Libatkan Animator
TREN
Ingin Tampil Gaya, Abaikan Aturan ini
BUDAYA
Merayakan Budaya Membaca, Cerita-cerita Klasik Dib