Inilah 6 Kebiasaan yang Merusak Rambut

Rambut adalah mahkota bagi setiap wanita. Mempunyai rambut indah dan sehat membuat wanita merasa percaya diri. Hal tersebut membuat wanita selalu menjaga kesehatan rambut dengan melakukan beragam perawatan khusus. Perawatan khusus memang membantu, tapi penting juga untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan yang dapat merusak rambut.

Seperti dilansir dari Boldsky, inilah beberapa kebiasaan yang dapat menimbulkan berbagai masalah rambut :

Menghindari potong rambut
Mempunyai rambut panjang memang disenangi banyak wanita. Sehingga mereka enggan untuk memotong rambut. Tetapi, rutin memotong rambut adalah salah satu cara untuk mengatasi munculnya masalah rambut. Menghindarinya bisa membuat rambut bercabang dan kusut. Setidaknya rutin memotong ujung rambut minimal dalam waktu 3 bulan.

Mencuci rambut setiap hari
Anjuran untuk rutin keramas bukan berarti bahwa rambut harus dicuci setiap hari. Keramas setiap hati bisa mengikis minyak alami pada kulit kepala yang membantu menjaga kelembabannya. Hal tersebut justru bisa membuat rambut kering, rapuh dan rentan terhadap berbagai masalah rambut.

Memakai kondisioner sampai kulit kepala
Setelah keramas, mengaplikasikan kondisioner sangat membantu agar rambut lebih halus dan mudah diatur. Tetapi, pemakaian yang benar adalah dengan menggunakannya hanya pada batang hingga ujung rambut. Mengaplikasinnya mulai dari kulit kepala bisa menyebabkan berbagai masalah rambut, seperti rambut rontok dan menimbulkan ketombe akibat rambut berminyak.

Menggunakan sisir berbahan metal dan berbulu
Hindari menggunakan sisir yang terbuat dari bahan logam ataupun berbulu. Karena sisir jenis tersebut membuat kulit kepala dan rambut menjadi panas sama seperti alat pengering rambut. Hal tersebut bisa menyebabkan rambut menjadi rapuh.

Mengikat rambut dengan ikat rambut yang terbuat dari karet
Untuk mengikat rambut jangan gunakan karet gelang. Karena karet dapar merobek rambut dan membuat rambut rusak, mudah patah dan kusut.

Terlalu sering menyisir
Mitos tentang menyisir rambut 100 kali sehari bisa membuatnya sehat dan indah, itu adalah mitos yang salah. Karena terlalu sering menyisir justru membuat rambut menjadi rapuh dan rentan patah.

(dreamersradio/gy)

Satu SMP di Bukittinggi yang Tidak UNBK Mandiri
Penyelenggara UNBK Tingkat SMP Meningkat di Pasaman Barat
Guru SMPN 1 Merangin Penemu Mesin Bor Tiga Dimensi
Nilai UN Tidak Jadi Syarat Dalam SNMPTN dan SBMPTN 2018
MUSIC
STAR Radio Padang Bertabur Bintang
FILM
Transformers: Age of Extinction Libatkan Animator
TREN
Ingin Tampil Gaya, Abaikan Aturan ini
BUDAYA
Merayakan Budaya Membaca, Cerita-cerita Klasik Dib