Yuuk... Diet Kantong Plastik

Setiap orang di Indonesia memakai kantong plastik hingga 700 buah per tahun, menurut riset yang dilakukan oleh Greeneration Indonesia, organisasi yang bergerak dalam bidang pendidikan lingkungan.

Banyaknya penggunaan kantong plastik dan tas kresek yang menambah volume sampah plastik mendorong Greeneration Indonesian meluncurkan gerakan Diet Kantong Plastik pada tahun 2009.

Fadhilahani Aulia, mahasiswi tahun pertama di Bandung, tidak lagi menggunakan tas plastik sejak SMP. Dhila mengatakan ia menyadari bahaya sampah plastik yang tak mudah terurai sejak mengikuti kelompok lingkungan.

Greeneration Indonesia merangkul sekitar 40 usaha kecil sebagai mitra untuk memproduksi tas yang diberi nama ‘Tas bagGoes’ yang diklaim dapat dipakai hingga 1.000 kali untuk menggantikan pemakaian kresek. Tahun 2013, produksi tas ini mencapai 150.000 dan diklaim telah mengurangi sekitar 150 juta kantong plastik.

Ade Budiman, satu dari pemilik usaha kecil yang menjadi mitra Greeneration Indonesia mengatakan produksi tas ini tidak hanya membantu dari sisi penghasilan namun juga sebagai pengetahuan tentang bahaya sampah plastik. Ade mengatakan ia dan keluarganya serta para mitra binaan lainnya juga berupaya untuk tidak menggunakan tas plastik.

Greeneration Indonesia melakukan berbagai kampanye dengan pesan pengurangan penggunaan kantong plastik. Berbagai disain tas terus dikembangkan untuk menarik minat masyarakat.

Mereka juga melakukan kampanye di berbagai kota, salah satunya dengan merancang tas yang juga bisa dipakai sebagai topeng dan digambar sendiri sebagai upaya menarik kreativitas dan perhatian masyarakat.

Muhamad Bijaksana Junerosano, pendiri Greeneration Indonesia menargetkan penjualan tas bagGoes mencapai 200.000 buah untuk tahun ini. Ia mengatakan Greeneration bekerja sama dengan berbagai instansi dan pemerintah daerah terkait peraturan penggunaan kantong plastik. Pemda Bandung, kata Sano, termasuk yang telah mengeluarkan Perda terkait pengurangan pemakaian kantong plastik. (bbc/gry)

Kemdikbud Harus Beri Edukasi Manual UNBK
SNMPTN 2018 Diumumkan pada hari ini
SBMPTN, Peserta Harus Jeli saat Pilih Jurusan Kuliah
Berakhirnya UN, Direktur Jenderal Pendidikan Dari Kemendikbud Mengimbau Siswa Tidak Lakukan Aksi Corat-Coret
MUSIC
STAR Radio Padang Bertabur Bintang
FILM
Transformers: Age of Extinction Libatkan Animator
TREN
Ingin Tampil Gaya, Abaikan Aturan ini
BUDAYA
Merayakan Budaya Membaca, Cerita-cerita Klasik Dib