Inilah Kebiasaan Orang Indonesia di Mata Orang Australia

Para peserta pertukaran budaya Australia Indonesia Youth Exchange Program (AIYEP) 2013-2014 selama bulan Januari berada di Koto Sani, Kabupaten Solok, Sumatra Barat. Selama hampir dua bulan, 36 peserta AIYEP asal Australia dan Indonesia berada di sana melakukan berbagai kegiatan dan berbaur dengan  masyarakat setempat. Sam Howard seorang peserta dari Negara Bagian Victoria menulis pengamatannya mengenai perilaku orang Indonesia.

Orang Indonesia kadang memiliki sifat dan perilaku yang membingungkan bagi orang Barat. Mereka selalu berusaha membuat kamu puas dan senang, seperti mereka, namun perbedaan budaya membuat kadang apa yang mereka lakukan bisa membuat kamu jengkel. Jangan salah, walaupun kebiasaan ini aneh, namun saya menghargai dan menghormati sepenuhnya kebiasaan ini, walau memang perlu penyesuaian. Inilah beberapa di antaranya.

Memberi Petunjuk Jalan

Bila kamu perlu ke suatu tempat dan tidak tahu jalan, tanya saja dengan orang yang kamu temui, Apapun yang terjadi mereka pasti SELALU memberi tahu. Jadi apakah memang semua warga Indonesia tahu semua arah? Jawabannya tidak. Bila mereka tidak tahu, mereka akan berpura-pura tahu, karena takut kehilangan muka. Jadi petunjuk bisa salah dan kamu akan tiba terlambat, tapi itu sudah biasa.

“Tambah Lagi”

Jangan kaget kalau pulang dari Indonesia kamu bertambah berat badan. Warga Indonesia suka makan nasi, dan ketika makan, kamu pasti diminta untuk “tambah lagi” meskipun kamu sudah kenyang. Bila tidak tambah lagi, kadang seperti dianggap menghina.  Menurut saya cara terbaik untuk menghindar untuk tidak diminta tambah lagi adalah ketika selesai makan, pura-pura seperti “mau pingsan kekenyangan” atau pura-pura perut sudah kembung. Mereka biasanya tertawa dan lupa meminta kita tambah lagi.

Menyelesaikan Sesuatu Tepat Waktu 

Tugas sehari-hari di Indonesia selesai lebih lama dibandingkan hal serupa di Australia. Ini hanya karena orang Indonesia suka melakukan sesuatu pelan-pelan, dan konsep “penekanan” “tenggat waktu” dan “mendesak” kadang bermakna berbeda. Mereka menghabiskan waktu lebih lama, dan sadar bahwa pada akhirnya semua akan selesai. Menurut perkiraan amatir saya, sesuatu yang di Australia selesai dalam waktu 2 jam, di Indonesia selesai dalam 2 hari.  Jadi siap-siap duduk, menanti, dan menikmati hidup ketika di Indonesia, daripada membuat hidup jadi lebih mudah.

Bertanya Tentang Kehidupan Pribadi 

‘Mau kemana?’, ‘sedang ngapain?’, ‘kemana saja selama ini?’, ‘sudah makan belum?’, ‘sudah mandi belum?’, ‘berat kamu berapa?’, ‘umur kamu berapa?’, ‘kok belum menikah?’, ‘kenapa tidak mau menikah dengan orang Indonesia?’ ini adalah beberapa pertanyaan yang saya terima setiap hari. Bagi orang bukan Indonesia, hal ini terasa aneh. Tapi ingat mereka bertanya karena sebenarnya mereka tertarik dengan kehidupan kita dan ingin tahu lebih banyak.

Perhatian Seperti Selebriti 

Kemanapun kamu pergi di Indonesia (mungkin kecuali Kuta dimana banyak bule yang berlibur), jangan kaget bila kita diperlakukan seperti selebriti. Ketika kami berada di Indonesia, kamu akan ditarik untuk berfoto bersama 50 sampai 100 kali, dicubit, dipeluk, dipanggil cantik (beautiful) dan ‘ganteng’ (handsome), dan dipanggil ‘Mister’  tanpa memandang jenis kelamin. Kamu akan dimasukkan menjadi teman di Facebook oleh ratusan orang yang tidak dikenal sebelumnya, dan ditanyai nomor telepon. Saya bukanlah orang istimewa, namun ketika di Indonesia, saya merasa jadi seperti gadis paling istimewa sedunia.

Jadi, saudara-saudara warga Indonesia, terima kasih karena kamu seperti ini. Saya berharap kamu mengerti betapa baiknya kamu sekalian, dan bagaimana penerimaan kamu yang begitu baik. Jangan pernah berubah.

* Tulisan ini adalah pendapat pribadi -  yang ditulis di blog AIYEP 2013 dengan alamat: aiyepblog.wordpress.com dan Australiaplus.com

 

Kemdikbud Harus Beri Edukasi Manual UNBK
SNMPTN 2018 Diumumkan pada hari ini
SBMPTN, Peserta Harus Jeli saat Pilih Jurusan Kuliah
Berakhirnya UN, Direktur Jenderal Pendidikan Dari Kemendikbud Mengimbau Siswa Tidak Lakukan Aksi Corat-Coret
MUSIC
STAR Radio Padang Bertabur Bintang
FILM
Transformers: Age of Extinction Libatkan Animator
TREN
Ingin Tampil Gaya, Abaikan Aturan ini
BUDAYA
Merayakan Budaya Membaca, Cerita-cerita Klasik Dib