Video Stop Motion untuk Teman Baru Transmania

Berawal dari twitter @transmania,  saya mendapat info mengenai Kopdar 5 yang akan diadakan pada tanggal 12 Januari 2014. Alhamdulillah saya terpilih  menjadi 100 orang yang beruntung mengikuti kopdar 5 transmania. Lebih spesialnya, setiap peserta yang lolos seleksi boleh merekomendasikan temannya untuk ikut gabung di kopdar 5 ini.

Akhirnya, saya merekomendasikan dua orang teman saya yang juga tertarik acara transmania ini. Sebelum hari dimulainya kopdar, saya bersama teman-teman iseng-iseng nih membuat sebuah karya video stop motion yang berisi tentang Trans Corp dan Transmania. Niatnya sih mau saya persembahkan untuk teman-teman baru di transmania...hehe.

12  Januari 2014. Saya bersama 2 orang teman saya berangkat bareng ke Gedung TransTv. Kita sangat excited sekali untuk ikut kopdar transmania ini. Saat itu, saya membawa sebuah karton, ini merupakan bukti dari hasil karya video stop motion yang kami buat. Siang itu hujan deras. Awalnya saya bingung, gimana cara bawa karton itu, kalau digulung nanti jadi rusak. Saya berfikir bagaimana menyelamatkan karton itu agar terhindar dari guyuran hujan. Haha. Gak kehabisan akal, saya lapisi pakai plastik karton itu sampai benar-benar aman.

Setelah sampai di Gedung Transtv, kami dikumpulkan di lobby Transtv dan diwajibkan untuk menyerahkan tanda bukti transfer. Setelah itu, kami diajak naik ke latai 3A menuju ruang kopdar... yeeyy... senang sekali apalagi ketemu teman-teman baru. Saya senang sekali bisa berkesempatan mengikuti kopdar ini, karena mayoritas yang terpilih adalah anak kuliahan sementara saya masih anka SMK. Heheehe.

Sebelum dimulainya acara, Kak Monic bertanya kepada kami, “Hai semuanya, tadi pada naik apa ke sini? Pasti punya unek-unek kan, tadi kesini ada yang kehujanan gak? Cerita aja sama kita,” ucapnya. Saya, Fahru dan Hersiana kebetulan duduk bertiga di kursi barisan depan. Kak monic dan Kak Tya selaku MC acara, melirik karton yang saat itu kupegang. Kemudian kami menyerahkan karton itu dan kami mendapat applause atas karya kami. Belum lagi, video stop motion kami diputar di hadapan kakak-kakak peserta kopdar lainnya. Mereka begitu antusias dan menyukai karya kami. Wahhh, Alhamdulillah, terimakasihh.^^

Saat acara dimulai, kita diperkenalkan dengan kakak-kakak Duta Muda Transmania dan anggota Kopdar Transmania 1, 2, 3 dan 4. Saya jadi mengerti apa itu Duta Muda. Kak Chika menjelaskan bahwa untuk menjadi duta muda itu tidak mudah, harus mengikuti reqruitment bersama 8 kota lainnya. Setelah perkenalan, seluruh kakak-kakak transmania joget ala YKS. Duhh sumpah.. mereka lucu dan kompak sekali (:D). Setelah mereka joget, tidak lupa kita peserta kopdar transmania diajak joget oplosan. Saya dan peserta lainnya langsung heboh joget. Habis itu, dipilihlah 6 orang joget terheboh untuk ikut games. Huhu sayang saya gak kepilih.. hehe tapi gak apa. Akhirnya pemenang pertama joget terheboh diraih oleh Kak Nana. Hihi dia memang heboh sekaliii....

Setelah games, acara dilanjutkan dengan materi kopdar yang disajikan oleh mas Angga Jatmiko Utomo selaku Marketing Public Relation. Mas Angga menjelaskan tentang pekerjaannya, ia berkata bahwa, “Jurusan tidak berpengaruh pada pekerjaan”. Kalimat ini menjadi salah satu motivasi saya dalam belajar. Apapun yang ingin saya pelajari, tidak perduli apapun jurusan yang saya ambil ketika sekolah. Karena belajar itu bebas. Bebas dalam arti apapun yang ingin kita pelajari lakukanlah dengan senang hati tanpa menganggap remeh diri kita sendiri.

Setelah penjelasan singkat dari Mas Angga, dilanjutkan dengan pemutaran video dokumenter yang berisi baerbagai acara yang telah dilaksanakan oleh Transmania. Mulai dari acara Transmania Brodcasting Camp 2012, Transmania Brodcasting Camp 2013,  Jambore Transmania 2013, sampai Acara HUT TransTv 2013. Selain itu, kami juga di jelaskan tentang program-program transmania sebagai Support Crew nya Transtv. Yang dimana tugas transmania adalah membantu tugas dari crew transtv dalam acara off air/on air. Pokoknya banyak pelajaran yang bisa kita petik dari materi kopdar 5 kali ini.

Acara yang paling ditunggu-tunggu oleh para peserta adalah… jreng..jreng.. Sharing bersama Guest Star, yaitu salah satu FD (Floor Director) Transtv yang sudah dikenal oleh masyarakat :D hehe. Dia adalah Kak Alie Akbar. Di sini, kak Alie share seputar pekerjaannya sebagai Floor Director. “Floor Director itu sendiri sebagai kaki, tangan, dan mata buat Director/Program Director yg ada di Control Room (ruangan sistem pengambilan gambar dr kamera). Nah tugas FD menjaga posisi/blocking artis, property, dll yg ada di set/stage tetap terlihat bagus dan rapi di mata kamera. Selain itu, FD jagain durasi syuting biar tetep stabil dan gak kebablasan jadi kita selalu ingetin artis-artisnya dengan isyarat tangan. FD juga bertugas awasin backstage mulai dari persiapan make up dan baju buat artis di setiap segmen sesuai rundown yang dibikin oleh tim creative, bantu creative buat briefing artis, FD jg sebagai pemimpin di studio yang countdown durasi kapan syuting dimulai dan jagain syuting tetep lancer.” Jelas kak Alie.

Kemudian, di sela-sela sharing diberi kesempatan kepada peserta untuk mengajukan pertanyaan. Salah satunya ada yang bertanya “Kak Ali, FD itu dibagi dalam berapa macam sih?” kak Alie pu dengan senang hati menjawab “Hmm.. FD itu macam-macam  dan tugasnya berbeda-beda. Misalnya FD Lead tugasnya countdown durasi, blocking keeper, media eksekutor produser, pemimpin dari semua FD. Terus ada FD property  yang tugasnya mengawal (supervisi) Set Crew kapan waktunya memasukkan/mengeluarkan & menata posisi property (ornamen tambahan) di set/stage. Ada juga FD backstage, itu yang mengawasi persiapan artis sebelum tampil dan anter artis sampai masuk ke area studio/panggung, yang terakhir FD traffic yang tugasnya mengingatkan artis buat kapan waktunya untuk masuk ke area set/panggung (in-frame) dari akses tertentu (gate)”. Tapi, satu kalimat yang paling saya ingat dari Kak Alie adalah “Kita harus mencintai pekerjaan kita, bekerjalah dari hati dan niat.”

Seusai sharing bersama kak Alie, para peserta kopdar transmania diajak untuk Tour Studio. Yaitu berkunjung ke beberapa studio di transtv. Kita diajak masuk ke studio Insert! Disana kita juga dijelaskan tentang perbedaan dari masing-masing studio. Setelah itu, kita juga di persilahkan masuk ke studio 1 transtv, dimana biasa digunakan untuk Syuting YKS/Yuk Keep Smile. Asiiik…^^ setelah tour studio, seluruh anggota kopdar 5 berfoto bersama di lobby transtv, kebetulan aku foto sebelahan sama kak Alie. Hehe. Okee.. setelah itu, anggota kopdar 5 transmania dipersilahkan untuk menonton YKS tanpa harus mengantri tiket. Bukan hanya itu, tanggal 18 Januari 2014, anggota kopdar 5 transtv juga diajak untuk ikut dalam seminar Creative Preneur Corner 2014 , Gratisss!! :D

Finally, keseruan kumpul bareng Transmania Kopdar 5 gaaaak akan bisa dilupain. Kita satu tujuan. “Muda, Kreatif, Mandiri” sesuai dengan motto Transmania. Dan saya mendapat baaaanyak sekali pelajaran berharga dari kegiatan ini. Banyak ilmu, banyak teman, banyak saudara. Semoga saya bisa terus ikut kegiatan bermanfaat seperti ini bersama teman-teman transmania lainnya…(*)

 

Agnes Valleriana Putri (SMK PGRI 1 Jakarta)

Adanya Keterlambatan Pengumuman Hasil UN di SMP
Pemuda Indonesia Memperingati Hardiknas 2018, Juga Menyelenggarakan Kemah Pendidikan dan Apel Kebangsaan
Mendikbud, Muhadjir Effendy Menguatkan Hardiknas Menjadi Momentum Pendidikan dan Kebudayaan
MTsN 2 Kelurahan Kalijaga, Kota Cirebon Melaksanakan UNBK Dengan Modem
MUSIC
STAR Radio Padang Bertabur Bintang
FILM
Transformers: Age of Extinction Libatkan Animator
TREN
Ingin Tampil Gaya, Abaikan Aturan ini
BUDAYA
Merayakan Budaya Membaca, Cerita-cerita Klasik Dib