Ayo, Nikmati Teknologi Untuk Tidur !

Ingin tidur nenyak dan bangun disaat yang tepat? Berikut ini adalah teknologi baru untuk \\\\\\\'tidur pintar yang dipamerkan dalam Pameran Elektronik Konsumen di Las Vegas, Amerika Serikat. Alat-alat ini menjadi salah satu teknologi yang sedang dikembangkan oleh beberapa produsen teknologi di beberapa negara di dunia.

Salah satu alat yang digunakan untuk tidur ini adalah Aura dari Withings. Sistem Aura yang terdiri dari beberapa bagian ini diletakkan di bawah tempat tidur. Bantalan halus yang diletakkan ini berfungsi untuk mencatat pergerakan tubuh, siklus pernafasan, dan detak jantung.

Bagian lain dari alat ini yaitu berupa sensor yang diletakkan di samping tempat tidur. Ini berfungsi untuk membaca tingkat pencahayaan dan tingkat kebisingan serta suhu ruangan. Kemudian alat ini juga dilengkapi dengan jam, lampu LED berwarna biru dan kuning, dan speaker penanda bunyi alarm.

Menurut penelitian, pigmen di retina yang akan memberikan pesan ke otak untuk lebih waspada akan distimulasi oleh cahaya biru. Selain itu, juga akan menekan hormon melatonin yang membuat orang merasa mengantuk. Aura dari Withings ini akan dipasarkan dengan harga US$299 atau hampir setara dengan Rp. 3.5 juta dan ini merupakan salah satu kategori gadget terkait dengan tidur yang akan diluncurkan pada Pameran Elektronik Konsumen ini.

Selain Aura dari Withings, ada juga beberapa produk lain seperti Wake-up Light dari Philips dan Sleepow. Wake-up Light merupakan alat yang dapat meniru perubahan kondisi yang disebabkan oleh matahari terbit. Cahaya dari merah ke kuning terang akan dipancarkan pada setengah jam sebelum alarm berbunyi.

Alat lain yang masih berhubungan dengan tidur yaitu sesuai dengan namanya, Sleepow. Bantal yang memainkan nada pada frekuensi yang sedikit berbeda untuk setiap telinga yang diklaim bisa menimbulkan reaksi bagi pengguna atau orang yang memakainya pada waktu tidur. Namun apapun alat dan teknologi yang lahir dan hadir saat ini, seorang pakar memperingatkan agar berhati-hati dalam setiap penggunaan teknologi dan terlalu dini untuk melihat efek alat-alat tersebut pada kesehatan pengguna. 

Nah, selain ingin merasakan manfaat berbagai teknologi yang tengah berkembang saat ini juga diperlukan kehatian-hatian serta pengetahuan akan dampak yang nantinya mungkin akan ditimbulkan dari alat-alat atau teknologi yang digunakan. (ade/bbc)

 

Kemdikbud Harus Beri Edukasi Manual UNBK
SNMPTN 2018 Diumumkan pada hari ini
SBMPTN, Peserta Harus Jeli saat Pilih Jurusan Kuliah
Berakhirnya UN, Direktur Jenderal Pendidikan Dari Kemendikbud Mengimbau Siswa Tidak Lakukan Aksi Corat-Coret
MUSIC
STAR Radio Padang Bertabur Bintang
FILM
Transformers: Age of Extinction Libatkan Animator
TREN
Ingin Tampil Gaya, Abaikan Aturan ini
BUDAYA
Merayakan Budaya Membaca, Cerita-cerita Klasik Dib