Rancak di Labuah dan Gadih Basanai Pembuka MAF

Minangkabau Art Festival (MAF) telah dimulai. Ada 3 pementasan dari 12 pementasan yang tampil dalam pembukaan di Universitas Negeri Padang, kemarin. Bertema “Revitalisasi Kaba Menuju Seni Pertunjukan Modern” MAF digelar oleh KSST Noktah di Padang,Payakumbuh dan Sawahlunto, dengan bantuan program Rumah Budaya Nusantara Kemdikbud.  

Pertunjukan pertama di UNP, Langit Teater menghadirkan “Inikah Sistem Itu” yang direvitalisasi dari kaba Rancak di Labuah, dengan sutradara Mila K Sari. Rancak di Labuah ini berangkat dari kegelisahan tentang fungsi mamak dan bundo kanduang di rumah gadang. Mamak pengatur harta pusaka, namun seiring perjalanan waktu, semua berubah.

Fenomena ini digarap oleh Langit Teater dengan pokok pikiran rumah gadang Minangkabau dan segenap isi dan penghuninya sepertinya hanya jadi hiasan dinding yang mulai terlupakan. “Rumah gadang adalah tempat pulang. Kemana pun kaki melangkah, maka rumah gadang akan jadi tempat pulang bagi anak-anak Minangkabau yang juga sudah banyak merantau,” kata sutradara Mila K Sari.

Kemudian, malamnya ada dua pertunjukan. “Bengkalai” revitalisasi dari Gadih Basanai dan “Mull In 2.0: Pada Sebuah Kapal” revitalisasi Kaba Malin Kundang.

“Bengkalai” dimainkan Ruang Kreativitas Serunai Laut dengan sutradara Rori Maidi Rusjdi. Dengan setting pertunjukan di empat sudut panggung. Penonton berada di tengah dan harus memutar badan menyaksikan pertunjukan ke sudut-sudut yang dipakai dalam adegan. Menariknya, RK Serunai Laut melibatkan anak-anak sebagai kru sekaligus pemain pembantu.

“Kami mencoba merevitalisasi kaba Gadih Basanai dengan judul Bengkalai. Dari awal kisah sampai akhir cerita Gadih Basanai adalah Bengkalai. Garapan pendekatan realis dengan menggunakan banyak setting dengan pergantian setting cepat. Rujukannya setting realis selektif,” kata sutradara Rori. (gry)

Adanya Keterlambatan Pengumuman Hasil UN di SMP
Pemuda Indonesia Memperingati Hardiknas 2018, Juga Menyelenggarakan Kemah Pendidikan dan Apel Kebangsaan
Mendikbud, Muhadjir Effendy Menguatkan Hardiknas Menjadi Momentum Pendidikan dan Kebudayaan
MTsN 2 Kelurahan Kalijaga, Kota Cirebon Melaksanakan UNBK Dengan Modem
MUSIC
STAR Radio Padang Bertabur Bintang
FILM
Transformers: Age of Extinction Libatkan Animator
TREN
Ingin Tampil Gaya, Abaikan Aturan ini
BUDAYA
Merayakan Budaya Membaca, Cerita-cerita Klasik Dib