Malam Mengenang Wisran Hadi Berlangsung Khidmat

Puncak rangkaian Festival Desember berlangsung malam tadi (21/12) dengan acara Malam Mengenang Wisran Hadi. Acara yang berlangsung di Teater Utama Taman Budaya tersebut diisi dengan berbagai pementasan seni.

Dibuka dengan pembacaan ayat kursi oleh SMA Pertiwi 2 Padang sebagai doa untuk almarhum Wisran Hadi. Setelah itu, SMA Pertiwi 2 Padang menampilkan musikalisasi puisi. Persembahan para pelajar dan beberapa seniman tersebut menjadi penampilan pertama malam kegiatan yang diselenggarakan Lembaga Kebudayaan Ranah atas bantuan Rumah Budaya Nusantara Kemdikbud itu.

Kemudian, dramatic reading naskah “Perguruan” karya Wisran Hadi oleh Rizal Tanjung dan Muhammad Ibrahim Ilyas. Setelah itu, pentas Jilatang bersama Ade Lukas dan Muslim Noer. Ranah Teater menampilkan musikalisasi dari penggalan naskah “Dara Jingga” karya Wisran Hadi. Dua lagu dimainkan secara akustik oleh pentolan musik Ranah Teater ini.

Grup lain yang tampil, M Fadli feat. Tanduk Bening atau yang dikenal juga dengan Fadli Ompong and the Gank. Musikalisasi dari penggalan naskah “Roh” karya Wisran Hadi dimainkan. Fadli yang pernah berproses dengan Wisran Hadi dalam penulisan naskah drama mengingat salah satu ucapan gurunya itu, bahwa, menulis naskah drama jangan manipulatif.

Komunitas Seni Nan Tumpah menampilkan fragmen dari novel terakhir Wisran Hadi, “Persiden”. Selain itu, ada pembacaan obituari oleh Sahrul N.

Di sela-sela penampilan seni tersebut, buku “Anak Dipangku Kemenakan di BIM” Sagarobak-tulak Buah Tangan Wisran Hadi diserahkan kepada keluarga. Direktur Lembaga Kebudayaan Ranah, Ganda Cipta, langsung menyerahkannya kepada Raudha Thaib, istri Wisran Hadi. Kemudian buku tersebut diserahkan kepada masyarakat seni dan budaya di Sumbar, yang diwakili oleh beberapa orang.

“Buku Sagarobak-Tulak Buah Tangan Wisran Hadi : Anak Dipangku Kemenakan di BIM merupakan kumpulan pemikiran dan sikap Wisran Hadi terhadap kebudayaan Minangkabau, sastra dan seni, serta fenomena keseharian lainnya. Buku ini semacam buah tangan atau oleh-oleh dari Wisran Hadi sebelum beliau meninggal,” kata Ganda Cipta.

Sementara pihak keluarga dalam sambutan yang diwakili anak tertua Wisran Hadi, Iwan, mengucapkan terimakasih atas penghargaan dan dedikasi yang diberikan kepada almarhum papanya. (gry)

Adanya Keterlambatan Pengumuman Hasil UN di SMP
Pemuda Indonesia Memperingati Hardiknas 2018, Juga Menyelenggarakan Kemah Pendidikan dan Apel Kebangsaan
Mendikbud, Muhadjir Effendy Menguatkan Hardiknas Menjadi Momentum Pendidikan dan Kebudayaan
MTsN 2 Kelurahan Kalijaga, Kota Cirebon Melaksanakan UNBK Dengan Modem
MUSIC
STAR Radio Padang Bertabur Bintang
FILM
Transformers: Age of Extinction Libatkan Animator
TREN
Ingin Tampil Gaya, Abaikan Aturan ini
BUDAYA
Merayakan Budaya Membaca, Cerita-cerita Klasik Dib