Setelah 20 Tahun, “Jalan Lurus” Muncul di Festival Desember

“Jalan Lurus” yang terakhir dipentaskan penulis naskah sekaligus sutradara Wisran Hadi bersama Bumi Teater tahun 1993, kemarin malam (20/12) pentas kembali dalam Festival Desember di Teater Utama Taman Budaya Sumbar. Festival seni untuk mengenang Wisran Hadi (1945-2011).

Pementasan teater oleh Teater Eksperimental FIB Unand tersebut menampilkan “Jalan Lurus” karya Wisran Hadi yang disutradarai Prel T. Selama 2 jam penuh, para aktor tampil dengan segala kemampuannya. Naskah yang cukup panjang dalam sebuah pementasan teater.

Penampilan jalan lurus malam tadi, seakan membuka ingatan kita tentang Wisran Hadi dengan naskah-naskah dramanya, yang sarat permainan kata. Kekuatan dialog merupakan kunci dari naskah-naskah Pak Wis. Di “Jalan Lurus” permainan kata dalam dialog, yang kadang memancing tawa, dapat dirasakan kembali.

Teater Eksperimental

Teater Eksperimental merupakan wadah eksperimentasi teater masyarakat seniman teater kampus (baik dosen maupun mahasiswa) dan alumni FS (kini FIB) Unand yang  berdiri sejak 1992. Sejumlah produksi yang pernah dipentaskan misalnya Legitimasi, Manggaro. dan Jenjang. Beberapa tahun “menghilang”, kini mulai aktif kembali melalui produksi Jalan Lurus ini.

Pementasan Teater Eksperimental merupakan pementasan teater pertama dalam rangkaian Festival Desember Mengenang Wisran Hadi (1945-2011). Festival Desember diselenggarakan Lembaga Kebudayaan Ranah atas bantuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui program Rumah Budaya Nusantara. (gry)

Kemdikbud Harus Beri Edukasi Manual UNBK
SNMPTN 2018 Diumumkan pada hari ini
SBMPTN, Peserta Harus Jeli saat Pilih Jurusan Kuliah
Berakhirnya UN, Direktur Jenderal Pendidikan Dari Kemendikbud Mengimbau Siswa Tidak Lakukan Aksi Corat-Coret
MUSIC
STAR Radio Padang Bertabur Bintang
FILM
Transformers: Age of Extinction Libatkan Animator
TREN
Ingin Tampil Gaya, Abaikan Aturan ini
BUDAYA
Merayakan Budaya Membaca, Cerita-cerita Klasik Dib