Sore ini, Pembukaan Pameran Lukisan dan Sketsa Aisyah

Puti Aisyah Al Humairah memamerkan lukisannya di Galeri Seni Rupa Taman Budaya Sumbar. Pameran tunggal cucu Wisran Hadi yang baru berusia 6 tahun tersebut akan dibuka nanti sore (20/12). Lukisan dan sketsa Icha—begitu gadis kecil ini dipanggil—dipamerkan hingga Minggu (22/12) nanti.

“Pameran ini merupakan rangkaian Festival Desember, Mengenang Wisran Hadi (1945-2011),  yang masuk ke dalam program Rumah Budaya Nusantara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Diselenggarakan oleh Lembaga Kebudayaan Ranah, pameran ini, sesungguhnya merupakan, apresiasi terhadap Aisyah, bukan karena dia seorang cucu almarhum Wisran Hadi. Melainkan, ia betul-betul cucu Wisran Hadi, tokoh budaya dan sastra Indonesia, yang punya karya, dan patut dibanggakan,” Ketua Umum Festival Desember, Yusrizal KW.

Menurut Yusrizal KW, pameran ini menjadi bagian penting dalam Festival Desember, karena memperlihatkan Aisyah pada karyanya, yang tentu, jika bersama-sama kita mengapresiasinya, menjaganya, ia telah menyiratkan diri sebagai pelukis masa depan yang membanggakan.

Aisyah merupakan putri almarhum Sutan Muhammad Ridha (anak Wisran Hadi dan Raudha Thaib) bersama Sherly Amir. Sekarang Aisyah sekolah di SD Al Azhar Padang.

Sementara itu, neneknya, Raudha Thaib, mengungkapkan, Icha dibiarkan tumbuh dalam imajinasi-imajinasi kanak-kanaknya dalam melukis, menulis, menari, bahkan bermain musik. Setidaknya, dari judul-judul lukisannya, kita tahu fantasi kanak-kanak Icha yang bebas menafsir apa saja yang dikuaskan ke kanvas. Seperti, lukisan dengan judul Wisran Hadi yang Lucu, Bunga Cantik untuk Ayah, Putri Duyung Pakai Kutek, Pelangi Dimakan Raksasa, Hotel Khusus untuk Peri, Keluarga Angin Topan, Pak Ransel, Kaca dan Jam Dinding dan lain-lainnya.

“Judul-judulnya pun, cenderung terpilih, menawarkan aroma sastrawi,” kata neneknya, Raudha Thaib, yang juga seorang penyair tersebut.

Bagaimana imajinasi dan fantasi kanak-kanak Icha—yang mungkin beda dengan anak-anak lain—bermain di atas kanvas dan kertas melalui lukisan dan sketsanya, mari hadiri pembukaan pamerannya pukul 15.30 WIB sore ini di Galeri Seni Rupa Taman Budaya Sumbar. Ditunggu lho...! (gry)

Zonasi Sekolah Permudah Distribusi Guru
Tak Lulus SBMPTN? Saatnya Pilih Kampus Terakreditasi
Sekolah Tak Boleh Kenakan Pungutan Liar
Kementerian PUPR Sasar SMK untuk Kerjasama Sosialisasi Infrastruktur
MUSIC
STAR Radio Padang Bertabur Bintang
FILM
Transformers: Age of Extinction Libatkan Animator
TREN
Ingin Tampil Gaya, Abaikan Aturan ini
BUDAYA
Merayakan Budaya Membaca, Cerita-cerita Klasik Dib