Kawasan Seribu Rumah Gadang Diusulkan jadi Warisan Budaya Dunia

Kawasan Seribu Rumah Gadang di Nagari Koto Baru, Kecamatan Sungai Pagu, Kabupaten Solok Selatan diusulkan menjadi warisan budaya dunia ke UNESCO.

Menurut Kepala Bidang Budaya, Dinas Budaya, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Solok Selatan, Desrial, kawasan Seribu Rumah Gadang ini bisa menjadi warisan dunia sehingga mampu menjadi daya tarik wisatawan untuk datang berkunjung dan juga sebagai salah satu kebanggaan Sumbar.

Dia menjelaskan, Solok Selatan setidaknya memiliki 600 unit rumah gadang dengan berbagai bentuk dan model yang tersebar di tujuh kecamatan. “Di Nagari Koto Baru ada sekitar 134 unit Rumah Gadang yang masih berdiri,” katanya.

Semua model rumah gadang yang ada di Sumatera Barat, lanjut Desrial, ada di kawasan yang disebut Seribu Rumah Gadang itu.

Beberapa rumah gadang di kawasan itu kini sudah dijadikan sebagai rumah penginapan untuk wisatawan. “Wisatawan yang datang ke Solok Selatan sekarang sudah bisa langsung menikmati sensasi tidur di dalam rumah gadang,” katanya. (national geographic/gry)

Zonasi Sekolah Permudah Distribusi Guru
Tak Lulus SBMPTN? Saatnya Pilih Kampus Terakreditasi
Sekolah Tak Boleh Kenakan Pungutan Liar
Kementerian PUPR Sasar SMK untuk Kerjasama Sosialisasi Infrastruktur
MUSIC
STAR Radio Padang Bertabur Bintang
FILM
Transformers: Age of Extinction Libatkan Animator
TREN
Ingin Tampil Gaya, Abaikan Aturan ini
BUDAYA
Merayakan Budaya Membaca, Cerita-cerita Klasik Dib