KPK Bakal Putar 45 Film Antikorupsi di 5 Kota

Memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia, 9 Desember, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan memutar 45 film nominasi Festival Film Antikorupsi (ACFFest) 2013. Lima kota tersebut, Jakarta, Malang, Palu, Balikpapan, dan Padangpanjang. Pemutaran film tersebut mulai besok (9’/12) hingga 13 Desember mendatang.

Film-film yang diputar memperingati Hari Antikorupsi Sedunia ini merupakan film yang dinyatakan lolos tahap penjurian pertama yang dilakukan KPK bersama Management Systems International (MSI).

Wakil Ketua KPK Adnan Pandu Praja menyatakan, sebanyak 45 film tersebut diseleksi dari 181 film dari tujuh kategori yang dilombakan.

“Kami menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada masyarakat yang telah berpastisipasi aktif mendukung upaya pemberantasan korupsi dengan mempersembahkan karya-karya terbaik anak bangsa melalui film dan mengikutsertakan dalam festival film antikorupsi 2013,” kata Adnan saat dalam konferensi pers pengumuman nominasi di Auditorium Gedung KPK, Jakarta, Selasa (3/12) sore lalu.

Menurut Adnan, 45 nominasi itu diseleksi ketat 13 juri yang merupakan gabungan dari KPK, sineas, dan pekerja seni lain. Juri tersebut antara lain Tino Saroenggalo, Jajang C Noer, Sha Ine Febrianti, Lola Amaria, Teten Masduki, Emil Heradi, Hanitianto Joedo, dan Gustaf Hariman Iskandar.

“Mereka melakukan seleksi tahap pertama sejak pendaftaran film dari 23 November hingga 2 Desember 2013,” sebutnya.

Dari 45 nominasi itu, kata dia, terbagi menjadi tujuh kategori yakni film fiksi panjang, film fiksi pendek, film dokumenter panjang, film dokumenter pendek, film animasi, games animasi, dan kategori khusus/citizen journalism.

Sedangkan puncak acara penganugerahan akan dilaksanakan di Jakarta pada 14 Desember 2013. (metrotvnews/gry)

Adanya Keterlambatan Pengumuman Hasil UN di SMP
Pemuda Indonesia Memperingati Hardiknas 2018, Juga Menyelenggarakan Kemah Pendidikan dan Apel Kebangsaan
Mendikbud, Muhadjir Effendy Menguatkan Hardiknas Menjadi Momentum Pendidikan dan Kebudayaan
MTsN 2 Kelurahan Kalijaga, Kota Cirebon Melaksanakan UNBK Dengan Modem
MUSIC
STAR Radio Padang Bertabur Bintang
FILM
Transformers: Age of Extinction Libatkan Animator
TREN
Ingin Tampil Gaya, Abaikan Aturan ini
BUDAYA
Merayakan Budaya Membaca, Cerita-cerita Klasik Dib