Perang 80 Tahun di Belanda

Hai teman-teman,

Kali ini saya bercerita tentang perang 80 tahun di Belanda. Saya mempelajarinya di sekolah.

Belanda ikut  perang itu karena Raja Philip II mau dikudeta karena masalah agama. Dia percaya pada agama Katolik. Tetapi orang-orang juga ingin agama lain. Maka, terjadilah perang, yang juga ikutkan Paus. Itu semua terjadi di abad ke-16.

Abad 16 adalah abad reformis dan ada banyak penemuan. Belanda dipengaruhi oleh Spanyol. Charles V adalah raja dari Kerajaan Spanyol. Di sana ada banyak gereja, gereja Katolik.

Tapi ada banyak kritik terhadap gereja, terutama perdagangan indulgensi. Luther dan Calvin ingin mereformasi gereja. Terdengar akan ada pemberontakan terhadap gereja dan raja.

Pada tahun 1566, gereja-gereja dan biara-biara dihancurkan. Ini yang disebut ikonoklasme. Philip II adalah raja baru dari Spanyol. Dia mengirimkan pasukan yang dipimpin oleh Duke of Alva untuk menghukum para pemberontak.

Sekarang saya ingin mengatakan sesuatu tentang Raja William van Orange dari Belanda. William van Orange (William dari Oranje) adalah pemimpin pemberontakan melawan Spanyol. Dia ingin Nederland bebas dari pengaruh Spanyol dan oleh karena itu ia memulai perang. Perang yang akhirnya berlangsung 80 tahun.

Akhirnya Philip II digulingkan sebagai raja dan Belanda berubah menjadi sebuah negara republik: Republik Belanda Tujuh (Republiek van Zeven Nederlanden).

Dan sekarang saya bercerita sedikit tentang abad ke-17. Pada abad ke-17, Republiek van Zeven Nederlanden adalah sebuah negara yang kuat dan kaya, yang menguasai seluruh perdagangan dunia. Untuk perdagangan di Asia, Verenigde Oost-Indische Compagnie  (VOC) didirikan, dan perdagangan di Amerika dan Afrika: de West-Indishe Compagnie.

Sementara itu, masih ada perang dengan Spanyol. Hanya pada 1648 tercapai perdamaian.

Itulah cerita saya kali ini tentang sejarah Belanda yang saya pelajari di sekolah.

Sampai jumpa lagi. Duug!

 

Leiden, Belanda, Minggu, 23 Juni, 2013

Adanya Keterlambatan Pengumuman Hasil UN di SMP
Pemuda Indonesia Memperingati Hardiknas 2018, Juga Menyelenggarakan Kemah Pendidikan dan Apel Kebangsaan
Mendikbud, Muhadjir Effendy Menguatkan Hardiknas Menjadi Momentum Pendidikan dan Kebudayaan
MTsN 2 Kelurahan Kalijaga, Kota Cirebon Melaksanakan UNBK Dengan Modem
MUSIC
STAR Radio Padang Bertabur Bintang
FILM
Transformers: Age of Extinction Libatkan Animator
TREN
Ingin Tampil Gaya, Abaikan Aturan ini
BUDAYA
Merayakan Budaya Membaca, Cerita-cerita Klasik Dib