Jangan Kaget Melihat Patung Tanpa Busana di Istana Presiden

Wah, ada patung tanpa busana bertebaran di Istana Kepresidanan. Terbayangkah olehmu?

Mungkin keberadaan patung tanpa busana di Istana Kepresidenan jauh dari bayanganmu. Masih ada yang menganggap sesuatu tabu untuk dipertontonkan, seperti patung manusia tanpa busana.

Di Istana Bogor terdapat banyak karya seni dari berbagai negara, sebagai hadiah untuk Presiden Soekarno. Salah satunya adalah koleksi 360 patung, yang tersebar di dalam bangunan istana seluas 14.892 m² dan di halamannya yang mencapai 28,4 hektar.

Patung-patung tersebut didominasi oleh patung wanita. Dan jangan kaget melihat patung-patung tersebut semuanya tanpa busana. Kemolekan tubuh wanita terlihat pada patung-patung tersebut. Salah satunya bisa ditemui di selasar menuju bangunan tengah istana.

Ada pemandangan menarik disela-sela kegiatan “Konferensi Internasional Pemimpin Umat Islam Untuk Rekonsiliasi Irak” beberapa tahun yang lalu, yang membahas solusi untuk perdamaian di Irak setelah diinvasi oleh Amerika Serikat (AS) dan negara sekutunya. Beberapa patung telanjang yang ada di lingkungan Istana ditutup dengan kain batik. Hal ini dilakukan demi menghormati delegasi ulama dari berbagai negara (Iran, Yordania, Libanon, Malaysia, Mesir, Pakistan, Suriah, Turki, dan Arab Saudi), yang menjadi peserta konferensi yang dibuka oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tersebut. Meski sudah ada upaya untuk menutupi patung-patung tersebut, ternyata masih ada patung telanjang dan cukup mencolok di depan gedung konferensi, sehingga kelihatan jelas. Konon, ada seorang peserta konferensi yang mengatakan bahwa patung-patung tersebut tidak perlu ditutupi kain karena sebuah karya seni harus dihargai. Begitu cerita Cecep Kuswara saat memberi penjelasan kepada rombongan wartawan Sekolah Jurnalisme Kebudayaan. Pemandu wisata istana ini juga mengatakan bahwa melihat karya seni harus dengan kaca mata seni jangan melihat dari sudut padang pornografinya, Jum’at (19/7).

Patung-patung yang menghiasi halaman istana Bogor juga sangat menarik. Salah satu yang paling terkenal adalah patung Si Denok karya pematung Trubus. Menurut cerita pemandu, patung ini menggabungkan bagian tubuh terbaik dari beberapa orang yang menjadi modelnya.

Keberadaan patung-patung tanpa busana tersebut membuat kaget pengunjung, terutama pengunjung yang baru pertama kali datang ke sana. Pengetahuan tentang seni harus dimiliki untuk memahami sebuah karya (patung). Memaknai patung yang menggambarkan keindahan tubuh seorang wanita dengan sangat jelas, tidak cukup dengan melihat bentuknya saja, tetapi juga harus dikaji makna tersirat dari bentuk, warna, struktur, dan unsur lain yang membangun patung tersebut sehingga kita dapat keluar dari sesuatu yang dianggap masih tabu.

Bagi Soekarno, ketelanjangan rupa bukanlah hal yang tabu, itu bisa dilihat dari karya-karya yang dikoleksinya. Tentang sikapnya ini, Soekarno pernah mendapat kritik. Menanggapi itu, presiden pertama RI ini kerap menyitir ungkapan penyair Lebanon Kahlil Gibran, “Orang yang melulu mengenakan moralitasnya sebagai pakaian, justru yang paling baik baginya adalah telanjang”. Tidak semua ketelanjangan itu amoral. Keindahan tubuh perempuan tidak selalu dipandang dari segi moralistik, tetapi juga dari aspek estetik/keindahan.

Direktur Sekolah Jurnalisme Kebudayaan PWI, Yusuf Susilo Hartono menjelaskan patung-patung di Istana yang dulunya bernama Buitenzorg atau Sans Souci, berarti “tanpa kekhawatiran” ini adalah hasil karya seni rupa modern yang menitikberatkan pada keindahan.

Nah, sebelum melakukan perjalan wisata ke Istana Bogor, kamu perlu menambah wawasanmu mengenai seni, seperti seni rupa. Meski latar belakangmu berbeda-beda, rajinlah membaca agar kamu bisa melihat dunia dan memahami banyak hal sehingga tidak terlalu kaget ketika melihat sesuatu yang tidak biasa di lingkunganmu dan di luar dugaanmu. (***)

Satu SMP di Bukittinggi yang Tidak UNBK Mandiri
Penyelenggara UNBK Tingkat SMP Meningkat di Pasaman Barat
Guru SMPN 1 Merangin Penemu Mesin Bor Tiga Dimensi
Nilai UN Tidak Jadi Syarat Dalam SNMPTN dan SBMPTN 2018
MUSIC
STAR Radio Padang Bertabur Bintang
FILM
Transformers: Age of Extinction Libatkan Animator
TREN
Ingin Tampil Gaya, Abaikan Aturan ini
BUDAYA
Merayakan Budaya Membaca, Cerita-cerita Klasik Dib