Silat Tidak Hanya Sekadar Buat Jaga Diri

Silat adalah suatu seni bela diri tradisional yang berasal dari Indonesia. Olahraga yang memerlukan banyak konsentrasi ini tidak hanya digemari oleh laki-laki saja, tetapi juga perempuan.

Di Bogor contohnya, ada Verawati (18) yang menyukai olahraga ini. Ia telah belajar seni beladiri ini di Sanggar Gugawaraga Bogor selama 5 tahun. Alumni SMP PGRI 16 Bogor ini menyukai pencak silat karena ingin menjaga diri sendiri dan juga ingin berprestasi di bidang olahraga yang juga digemari Australia, Belanda, Jerman, dan Amerika ini. Anak ketiga pasangan Ndih (52) dan Irah (51) ini telah mengikuti berbagai kejuaraan dan pernah meraih juara 2 Lomba Pencak Silat se-Kota Bogor tahun 2012.

Daya cantik ini mengutarakan “tidak sekolah bukan berarti putus asa.” Di sanggar yang dikelola oleh 3 orang guru sukarela, ia tekun berlatih pencak silat aliran Cimande setiap hari Minggu dan telah menguasai pencak silat Tepak Dua, Tepak Tujuh, dan Selancar.

Selain mengikuti kejuaraan, gadis yang akrab disapa Vera ini juga sering diundang dalam berbagai acara, seperti acara kawinan dan pertunjukan seni yang diselenggarakan Kampung Budaya Sindang Barang Bogor. Kemarin, Sabtu (20/7), dalam rangka kunjungan rombongan Sekolah Jurnalisme Kebudayaan PWI, pemegangsabuk hijau ini beraksi mempertunjukkan Pencak Silat Tepak Dua sekitar 6 menit. Aksi tunggalnya memperlihatkan gerakan-gerakan yang tegas dan seolah mengikuti irama musik suling dan gendang serta gong yang megirinya.

\"\"

Ari Maulana dan Verawati. (tia/inioke)

Selain Vera, juga ada Ari Maulana (17) yang mengisi pertunjukan. Ari memperagakan Silat Tepak Tujuh yang juga diiringi oleh musik tradisional. Beraksi selama 6 menit membuat decak kagum penonton yang terlihat dari pandangan penonton sepenuhnya tertuju pada alumni SMK Widaya Ananda Bogor ini, dan tepuk tangan diakhir pertunjukan. Ia juga pernah meraih juara 2 Seni Pencak Silat, Seni Gonjling se-Kota Bogor tahun 2012.

Ari dan Vera dalam masing-masing pertunjukannya menggunakan senjata berupa pisau selama 1,5 menit terakhir yang menambah lincah gerakannya.

Menjadi atlit pencak silat yang terkenal merupakan impian keduanya. (***)

Adanya Keterlambatan Pengumuman Hasil UN di SMP
Pemuda Indonesia Memperingati Hardiknas 2018, Juga Menyelenggarakan Kemah Pendidikan dan Apel Kebangsaan
Mendikbud, Muhadjir Effendy Menguatkan Hardiknas Menjadi Momentum Pendidikan dan Kebudayaan
MTsN 2 Kelurahan Kalijaga, Kota Cirebon Melaksanakan UNBK Dengan Modem
MUSIC
STAR Radio Padang Bertabur Bintang
FILM
Transformers: Age of Extinction Libatkan Animator
TREN
Ingin Tampil Gaya, Abaikan Aturan ini
BUDAYA
Merayakan Budaya Membaca, Cerita-cerita Klasik Dib